Kuisioner

Apakah Anda bangga terhadap bahasa Indonesia? Apa alasannya?

44 Tanggapan to “Kuisioner”

  1. Moh. Rizal Amir Says:

    Karena kita dilahirkan di tanah air Indonesia, maka kita harus berbangga dengan bahasa kita.
    Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan” (www.kompas.com Rabu, 29 Oktober 2008).
    “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin” (www.antara.co.id. Selasa, 20 November 2007).

  2. saya bangga dengan bahasa indonesia, karena bahasa indonesia merupakan bahasa pemersatu rakyat indonesia.
    benny mengatakan “Bahasa Indonesia baku berfungsi sebagai bahasa nasional, bahasa persatuan, dan bahasa kebanggaan bangsa Indonesia”(http://nasional.kompas.com, 23 Oktober 2009).
    hlasmana dalam blognya mengatakan “Dan untunglah kita yang memiliki bahasa pemersatu –Bahasa Indonesia –sebagai alat komunikasi antar daerah dan budaya yang berbeda-beda dalam beragam aktifitas keseharian”(http://hlasmana.blogdetik.com/2009/11/04/pentingnya-bahasa-indonesia/, 4 November 2009).

  3. Wahyu Kholliq Murdiono Says:

    karena bahasa indonesia merupakan kumpulan dari beberapa bahasa yaitu bahasa sunda,jawa,melayu dll bahkan juga ada yang berasal dari bahasa bangsa lain misalnya bahasa arab . hal ini menunjukan bahwa bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan yang mencerminkan Bhineka Tunggal Ika. makadari itu kita wajib bangga dan menjaga bahasa persatuan ini supaya tidak lagi diakui negara lain

  4. Bangga..

    Karena ada beberapa alasan sebagai berikut:
    1. Sebagai bahasa nasional pemersatu bangsa
    2. Sebagai alat komunikasi dengan Guru, Dosen, Orang tua, keluarga, dan Orang dari daerah lain
    3. Sebagai alat komunikasi dengan sahabat, teman, pacar, gebetan, dan selingkuhan
    4. Dan terakhir, karena tidak ada yang bisa dibanggakan dari Indonesia kecuali bahasa itu sendiri..
    Terima Kasih.. ^^v..

  5. Yuniar Ayu Saraswati Says:

    Bangga. Karena kita bisa berbicara dengan sopan kepada siapa saja.

  6. Miftakhul Noor Fazarwati Says:

    Bangga.

    Karena saya adalah anak Indonesia dan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang formal di Indonesia.

    Terimakasih…..

  7. Chulusul Umniyati Says:

    Tentu saja saya sangat bangga menggunakan bahasa Indonesia karena sudah sepatuutnya Kita sebagai Warga Negara Indonesia bangga menggunakan bahasa Indonesia. Apalagi saya telah dilahirkan dan tumbuh berkembang di tanah air kita tercinta ini yaitu di bumi pertiwi Indonesia. Orang Asing saja bangga mempelajari dan menggunkan bahasa Indonesia, apalagi kita sebagai Warga Negara Indonesia. Hasanudin Aspar Rahman (dalam VIncent Hakim, Liputan 6, 07 Oktober 2009) menyatakan bahwa bahasa Indonesia telah dipelajari oleh sedikitnya 40 negara di dunia dan salah satu bukti ketertarikan negara-negara di dunia itu terhadap Bahasa Indonesia adalah digelarnya konferensi internasional pengajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing, Oktober 2004 di Unhas. “Melalui Bahasa Indonesia, masyarakat dunia dapat mengenal lebih dekat budaya dan bangsa Indonesia. Bahkan Matt Mullenweg (06 Februari 2009) mengatakan bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa terbesar pertama di situs wordpress dan bahasa Indonesia menduduki urutan ke tiga setelah bahasa Spanyol. Kita sebagai pemilik bahasa Indonesia harus banggga karena bahasa kita dipelajari bangsa lain. Jadi bukan tidak mungkin bahasa Indonesia suatu saat akan menjadi bahasa Internasional.
    Saya mempunyai sebuah cerita yang menarik. Ketika saya berkunjung ke Candi Borobudur untuk mengikuti tes speaking sebuah lembaga kursusan bahasa Inggris, saya mewawancarai salah seorang turis menggunakan bahasa Inggris namun beliaunya malah tidak mau menjawab dengan bahasa Inggris. Beliau selalu menjawab dengan bahasa Indonesia. Pada akhirnya saya ketahui kalau ternyata beliau saat itu sedang belajar atau kuliah bahasa Indonesia di Universitas Gadjah Mada. Sejak saat itu saya semakin bangga dengan bahasa Indonesia, karena pada kenyataannya bahasa Indonesia itu sangat unik sampai membuat orang asing ingin mempelajarinya.

  8. Jika ada sebuah pertanyaan,”apakah anda bangga terhadap bahasa Indonesia?”,maka saya akan katakan “TIDAK!”. Alasan saya cukup sederhana. Menurut saya sebuah bahasa tidaklah harus dibangga- banggakan atau dielu-elukan saja oleh masyarakat pemakainya, namun lebih dari itu. Seseorang yang hanya memiliki rasa bangga saja maka tidak akan menjamin ketertarikannya akan bahasa Indonesia. Lihat saja, betapa banyak orang yang mengatakan kebanggaanya terhadap bahasa Indonesia, namun nyatanya salah kaprah bahasa masih sering dilakukan. Contoh sederhana dapat kita dengar pelafadzan kata TV yang seharusnya dibaca ‘teve’ menjadi ‘tivi'(www.netsains.com, jumat 20 November2009). Selain itu, banyak stasiun TV yang menayangkan sinetron- sinetron dengan bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa Inggris yang tentunya merusak struktur bahasa Indonesia yang benar(www.DNA berita.com, Jumat 20 November 2009).
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang tinggi bagi bangsa ini. Bahasa Indonesia bukanlah sebagai alat komunikasi semata, melainkan juga sebagai ‘bahasa pemersatu’. Selain itu, bahasa Indonesia juga telah ‘kalah saing’ dengan bahasa- bahasa daerah lain seperti bahasa Jawa dan bahasa sunda(www.google.com, KSU Pointer, jumat 20 November 2009). Padahal saat ini bahasa Indonesia telah ‘mendunia’ atau dengan kata lain, bahasa negeri kita telah digunakan oleh penduduk negara lain(www.kompasiana.com, Jumat 20 November 2009). Jika banyak yang mengatakan “saya bangga dengan bahasa Indonesia”, maka mengapa mereka masih senang menggunakan bahasa luar negeri? Apakah bahasa ini hanya untuk dibanggakan sebagai ‘tanda hormat’ kepada pemerintah yang dengan susah payah meresmikannya sebagai bahasa negara,tanpa perlu digunakan dan dilestarikan?
    Saya pribadi tidak membanggakan bahasa Indonesia tetapi lebih pada rasa suka karena kedudukannya yang bukan sekedar sebagai bahasa negara, namun nilai- nilai implisit di dalamnya. Bahasa Indonesia telah menyatukan kita semua yang hidup atas nama bangsa berbudaya, bangsa berakhlak, dan bangsa besar, yaitu bangsa Indonesia.
    Lalu, jika ditanya, “apakah anda bangga terhadap bahasa Indonesia?”Maka katakanlah, “tidak, saya tidak membanggakannya tetapi saya menyukainya!”

  9. Sebagai warga negara indonesia seharusnya kita bangga dengan bahasa Indonesia.
    Ada beberapa alasan mengapa kita harus bangga dengan bahasa kita, bahasa Indonesia. Karena bahasa indonesia adalah bahasa asli yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Bahasa ini berasal dari bahasa melayu, selain itu banyak negara-negara di dunia yang tidak memiliki bahasa asli, contohnya Amerika, Filipina, Singapura, dll. Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Inggris. Alasan lain karena Bahasa Indonesia telah dipelajari oleh 45 Negara di dunia (www.kompas..com .Rabu, 29 Oktober 2008), Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh, Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam (www.kompas..com . Jumat, 12 Juni 2009), Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress (http://amriltgobel.multiply.com pada 17 Januari 2009). Ketika banyak negara yang menggunakan bahasa Indonesia, apakah kita sebagai pemilik bahasa justru meninggalkannya??? Seharusnya kewajiban kita adalah menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia.

  10. HAKMI KURNIAWAN Says:

    Saya sangat bangga dengan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi bangsa kita. Sebagaimana yang tertulis dalam Undang-Undang Dasar RI 1945, Pasal 36. Bahsa Indonesia juga merupakan bahasa persatuan bangsa kita sebagaimana disiratkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi warga Negara Indonesia untuk merawat dan melestarikannya.
    Alasan saya bangga dengan bahasa Indonesia yaitu :
    1. bahasa Indonesia sudah dimulai sejak abad ke 7 Masehi,
    2. bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia,
    3. bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh,
    4. bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan
    5. sedikitnya 40 negara di dunia telah mempelajari Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing pada sektor pendidikan, mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.
    DR. Aspar Rahmanahasa (guru besar Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin) mengatakan bahwa bahasa Indonesia semakin banyak diminati oleh masyarakat dunia, terbukti hingga saat ini kurang lebih 40 negara telah mempelajari Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.
    Selain itu Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan.”
    Negara yang paling intens mengembangkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing di sekolah, di antaranya Jepang, Malaysia, Singapura dan Australia.
    Jadi kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan bahasa kita sendiri, karena dunia sudah mengakuinya.

  11. Bagi saya bahasa indonesia adalah bahasa yang indah, bahasa yang sangat sederhana, tanpa bahasa indonesia saya bukanlah orang indonesia, walaupun saya sendiri tidak tahu sejarah bahasa indonesia itu seperti apa.

  12. Saya bangga dengan bahasa Indonesia. Karena saya bangsa Indonesia yang dilahirkan di negeri yang kaya akan sumber alamnya ini. Dan bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan antar suku di Negara kita ini. Esok bahasa Indonesia akan menjadi bahasa peradaban dunia, karena lebih dari 50 negara di Dunia telah mempelajari dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai satu diantara mata pelajaran di sekolah mereka dan di negeri australia pun hampir semua sekolah diwajibkan untuk mengajarkan bahasa indonesia. (http://localhost/G:/bangga%20bik/bahasa-indonesia-bisa-menjadi-bahasa.html, Senin, 08 Juni 2009). Ini merupakan kebanggaan tersendiri buat bangsa indonesia sebagai pemilik bahasa Indonesia. Karena ini adalah suatu bukti bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa dunia, bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional.

    Akan tetapi saat ini, saya sedikit kecewa dengan orang Indonesia. Karena saat ini, bisa kita lihat di Negara kita ini, banyak sekali semboyan yang tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Contoh sederhana saja pada atribut satpam yang bertuliskan security dan juga pada rompi polisi yang bertuliskan police. Ini menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia yang tidak bangga dengan bahasa Indonesia. Karena banyak kalangan yang menggunakan bahasa campuran. Belum lagi dengan remaja-remaja saat ini, banyak yang menggunakan bahasa gaul. Mungkin mereka takut kalau dikatakan sebagai remaja yang kurang gaul dan keren. Seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia harus melestarikan bahasa Indonesia ini. Pemuda dan pemudi saat ini, berbeda sekali dengan pemuda dan pemudi pada zaman sebelum kemerdekaan. Dahulu, pemuda dan pemudi Indonesia begitu kerasnya berjuang mempersatukan Indonesia hingga pada akhirnya tercetuslah sumpah yang sangat terkenal yakni sumpah pemuda. Isi sumpah tersebut di antaranya adalah seluruh pemuda Indonesia bersumpah untuk menjunjung suatu bahasa yang akan mempersatukan bangsa Indonesia, bahasa yang akan menjadi bahasa seluruh Negara Indonesia, bahasa Indonesia (http://localhost/G:/bangga%20bik/showthread.php.htm,19-22 november 2009). Pemuda da pemudi saat ini, seharusnya mencontoh pemuda dan pemudi zaman dahulu. Yang mana,mereka sangat menghormati dan menjunjung tinggi bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Marilah kita junjung tinggi bahasa kita yaitu bahasa Indonesia………….!!!!

  13. zumrotul mukaromah Says:

    Saya bangga terhadap bahasa Indonesia…………..

    Bagiku bahasa Indonesia adalah sebuah urat nadi bagi bangsa ini dan bagiku, karena dengan bahasa Indonesia saya dapat mempunyai banyak teman dan dapat berkomunikasi dengan seluruh masyarakat di negeri ini, yang pada dasarnya mempunyai bahasa daerah yang berbeda. Keraf:1997: 3 (dalam C:\Documents and Settings\Surya Indah\Local Settings\Temp\BAB1-1.htm) menyatakan bahwa fungsi bahasa adalah alat untuk mengekspresikan diri, sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.
    Selain itu, bahasa Indonesia dapat mencerminkan dan memperkenalkan budaya bangsa ini di mata dunia.Kridalaksana dalam Aslinda dan Syafyahya, 2007: 1 (dalam http://rosyidatulhidayati.blogspot.com/2008/04/bahasa-dan-retorika.html) Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipergunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. dan kata mengidentifisikan diri inilah yang di maksud mencerminkan dan memperkenalkan budaya bangsa inin di mata dunia. dan yang lebih membanggakan lagi, saat ini kedudukan bahasa Indonesia menempati urutan keempat di dunia, setelah bahasa Inggris, Mandarin (Cina) dan Perancis, jika dilihat dari jumlah penutur bahasa tersebut.(Gatra:2002 (dalam http://www.arsip.net/id/link.php?lh=U1UHDwpTB1VV))

  14. Saya bangga dengan bahasa Indonesia. Karena saya bangsa Indonesia yang dilahirkan di negeri yang kaya akan sumber alamnya ini. Dan bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan antar suku di Negara kita ini. Esok bahasa Indonesia akan menjadi bahasa peradaban dunia, karena lebih dari 50 negara di Dunia telah mempelajari dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai satu diantara mata pelajaran di sekolah mereka dan di negeri australia pun hampir semua sekolah diwajibkan untuk mengajarkan bahasa indonesia. (http://localhost/G:/bangga%20bik/bahasa-indonesia-bisa-menjadi-bahasa.html, Senin, 08 Juni 2009). Ini merupakan kebanggaan tersendiri buat bangsa indonesia sebagai pemilik bahasa Indonesia. Karena ini adalah suatu bukti bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa dunia, bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional.
    Akan tetapi saat ini, saya sedikit kecewa dengan orang Indonesia. Karena saat ini, bisa kita lihat di Negara kita ini, banyak sekali semboyan yang tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Contoh sederhana saja pada atribut satpam yang bertuliskan security dan juga pada rompi polisi yang bertuliskan police. Ini menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia yang tidak bangga dengan bahasa Indonesia. Karena banyak kalangan yang menggunakan bahasa campuran. Belum lagi dengan remaja-remaja saat ini, banyak yang menggunakan bahasa gaul. Mungkin mereka takut kalau dikatakan sebagai remaja yang kurang gaul dan keren. Seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia harus melestarikan bahasa Indonesia ini. Pemuda dan pemudi saat ini, berbeda sekali dengan pemuda dan pemudi pada zaman sebelum kemerdekaan. Dahulu, pemuda dan pemudi Indonesia begitu kerasnya berjuang mempersatukan Indonesia hingga pada akhirnya tercetuslah sumpah yang sangat terkenal yakni sumpah pemuda. Isi sumpah tersebut di antaranya adalah seluruh pemuda Indonesia bersumpah untuk menjunjung suatu bahasa yang akan mempersatukan bangsa Indonesia, bahasa yang akan menjadi bahasa seluruh Negara Indonesia, bahasa Indonesia (http://localhost/G:/bangga%20bik/showthread.php.htm,19-22 november 2009). Pemuda da pemudi saat ini, seharusnya mencontoh pemuda dan pemudi zaman dahulu. Yang mana,mereka sangat menghormati dan menjunjung tinggi bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Marilah kita junjung tinggi bahasa kita yaitu bahasa Indonesia………….!!!!

  15. Syamfa Agny Anggara Says:

    Saya sangat bangga terhadap bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Bahasa Indonesia sebagai lambang bahwa kita ini satu bahasa satu jiwa raga yaitu Indonesia. Dengan bahasa Indonesia kita bisa berinteraksi dengan suku-suku yang memiliki bahasa daerah yang berbeda di Indonesia. Bagaimana suatu persatuan itu akan muncul bila tidak ada sesuatu yang mempersatukannya. Bahasa Indonesia lahir pada saat sumpah pemuda pada tgl 28 oktober 1928 dalam isinya menyebutkan “berbahasa satu bahasa Indonesia” .Bahasa Indonesia adalah pemersatu yang menyatukan perbedaan bahasa dalam ras maupun suku. Banggalah sebagai bangsa Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia.

  16. Amalia Fiardausia Says:

    Saya bangga sekali berbasa Indonesia, karena saya lahir di Tanah air tercinta yaitu Indonesia.Bahasa Indonesia juga termasuk bahasa pemersatuan, contohnya orang jawa dapat berkomunikasi dengan lancar sama orang yang bukan asli jawa………selain itu juga, sebagai pencerminan cinta terhadap Tanah Air Indonesia…………..

  17. dina avia riza Says:

    saya bangga dengan bahasa indonesia, karena saya telah terlahir, dan dibesarkan, tepat di negara Indonesia. Dan saya di didik untuk bisa berbahasa dengan baik dan benar, yaitu dengan menggunakan bahasa indonesia. karena, tanpa bahasa indonesia, maka saya bukanlah orang indonesia, seperti halnya telah diucapkan pada sumpah pemuda, bahwa “kami putra putri indonesia, berbahasa satu, bahasa indonesia”. Bahasa indonesia adalah bahasa yang indah, sederhana, dan mudah untuk di ucapkan. Maka dari itu, saya bangga dengan bahasa indonesia.

  18. Amalia firdausia Says:

    Saya bangga sekali berbasa Indonesia, karena saya lahir di Tanah air tercinta yaitu Indonesia.Bahasa Indonesia juga termasuk bahasa pemersatuan, contohnya orang jawa dapat berkomunikasi dengan lancar sama orang yang bukan asli jawa………selain itu juga, sebagai pencerminan cinta terhadap Tanah Air Indonesia…………..
    Balas

  19. alfiyah nur muthiah Says:

    Bahasa Indonesia adalah milik kita, harta kita sebagai warga negara Indonesia. Seharusnya bahasa Indonesia kita pakai dalam segala hal dan harus kita pertahankan sampai kapanpun. Dewasa ini, Maraknya bahasa gaul atau bahasa modern yang kini menyebar luas di kalangan pemuda-pemudi Indonesia tampaknya telah menggeser kedudukan bahasa Indonesia di mata mereka.
    Ada beberapa alasan mengapa kita harus bangga dengan bahasa Indonesia, diantaranya :
    1. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.
    Menurut Jan Huygen Van linschoten dalam bukunya Itinerario disebutkan bahwa bahasa Melayu terkenal sebagai bahasa yang paling sopan dan paling pas di kawasan timur.
    2. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah.
    Bahasa Indonesia adalah bahasa yang berbeda dari bahasa lain di dunia. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah karena bahasa ini tidak memiliki tingkatan kata atau pun kalimat.
    3. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang unik.
    Bahasa Indonesia adalah bahasa yang hanya ada satu-satunya di dunia. Satu-satunya bahasa yang menjadi identitas warga Negara Indonesia.
    4. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat kaya
    Pada awalnya bahasa Indonesia adalah bentukan dari bahasa pedagang dari seluruh penjuru dunia, karena itu bahasa Indonesia memiliki ribuan kata yang diserap dari bahasa beberapa bangsa di dunia. Proses tersebut menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang kaya.
    5. Bahasa Indonesia mulai dipelajari bangsa lain.
    Bahasa Indonesia ternyata tidak hanya dipelajari oleh bangsa Indonesia saja. Bahasa Indonesia sendiri kini tengah dipelajari oleh warga Negara di Australia. Dengan begini bukan mustahil jika bahasa Indonesia kelak mampu menjadi bahasa Internasional menggantikan bahasa Inggris.(http://www.kotakgame.com/forums/showthread.php?t=4730, 4 Desember 2009)

    Alasan lain adalah karena bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945, Pasal 36. Ia juga merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia sebagaimana disiratkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
    Pimpii memberikan motivasi dan alasan bagi seluruh warga Indonesia untuk kembali mencintai dan bangga akan bahasa Indonesia, diantaranya :
    Bahasa Indonesia sudah dimulai sejak abad ke 7 Masehi
    Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia.
    Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.
    Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia.
    (http://dreamindonesia.wordpress.com/2009/09/22/fakta-fakta-seputar-bahasa-indonesia-mengapa-harus-bangga-berbahasa-indonesia/, 4 Desember 2009)

    Bahasa Indonesia sebenarnya telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa selama kurang lebih tiga perempat abad. Bahasa indonesia juga mampu mengungkapkan istilah sesulit apapun baik dalam karya ilmiah maupun filsafat. Ditambah dengan kenyataan bahwa bangsa kita sejak awal sudah mempunyai satu bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia. Hampir kebanyakan dari negara yang pernah terjajah mengikutsertakan bahasa penjajah sebagai bahasa nasional pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.( http://bangaswi.com/blog/2009/07/21/bangga-berbahasa-indonesia/, 4 Desember 2009)

    Jika saya ditanya ” apakah anda bangga dengan bahasa Indonesia?” saya akan menjawab “ya, saya bangga”. (Karena saya telah mengetaui kelebihan dan keunggulan bahasa Indonesia)

    Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada fenomena, pelajaran bahasa Indonesia di ujian akhir nasional (Unas) jarang diperoleh nilai 10. Untuk pelajaran bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial atau pelajaran lain sering ditemui siswa yang memperoleh nilai 10. Apa penyebabnya?
    Banyak masyarakat Indonesia memandang sebelah mata pelajaran bahasa Indonesia. Mereka memandang untuk apa belajar bahasa Indonesia, bahasa yang sehari-hari kita gunakan. Pada dasarnya masyarakat menganggap jurusan Bahasa Indonesia tidak menjanjikan prospek ke depan yang unggul. Karena outputnya hanya terbatas menjadi guru, dosen, bergerak dalam bidang jurnalistik atau menjadi sastrawan. Dari sini bisa kita lihat betapa tidak bangganya masyarakat Indonesia terhadap bahasa sendiri. (http://www.surya.co.id/2009/04/15/bangga-dengan-bahasa-indonesia.html, 4 Desember 2009)

    Tugas kita (sebagai warga negara Indonesia yang tahu dan mengerti pentingnya nasionalisme) selanjutnya adalah menjaga, mengembangkan, dan melestarikan bahasa Indonesia.

  20. saya bangga terhadap bahasa Indonesia

    alasannya:
    1. saya dapat berkomunikasi dengan seluruh penghuni negeri ini, meskipun pada awalnya kami tidak bisa berkomunikasi karena bahasa daerah yang berbeda.
    2. bahasa Indonesia dapat memperkenalkan budaya dan keeksotisan negeri ini.
    NasrulAzwar: 2007 (dalam http://id.shvoong.com/social-sciences/1686888-bahasa-indonesia-sebagai-identitas-dan/) Fungsi Bahasa Indonesia
    Seminar Politik Bahasa Nasional, 25-28 Februari 1975 di Jakarta, antara
    lain merumuskan
    bahwa di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional,
    bahasa Indonesia (selanjutnya disingkat BI) berfungsi sebagai (1)
    lambang kebanggaan nasional, (2) lambang identitas nasional, (3)
    pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda latar belakang sosial budaya
    bahasa, dan (4) alat perhubungan antarbudaya dan antardaerah (Pusat
    Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1975:5).
    3.bahasa Indonesia mendapat pengakuan di mata dunia.
    http://www.kompas..com .Rabu, 29 Oktober 2008(dalam http://blog-indonesia.com/blog-archive-6802-50.html)
    Isi berita Ini menegaskan jika bahasa Indonesia kini mulai dipelajari oleh 45 negara di dunia.
    Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,”(http://dreamindonesia.wordpress.com/2009/09/22/fakta-fakta-seputar-bahasa-indonesia-mengapa-harus-bangga-berbahasa-indonesia/).

  21. Fathiyah Alawiyah Says:

    kalau ditanya “apakah kamu bangga dengan bahasa indonesia?”, saya dengan yakin akan menjawab “Ya, saya bangga dengan bahasa indonesia”. Alasannya sederhana saja, bagi saya bahasa indonesia adalah bahasa yang sederhana dan unik. Hal ini dikarenakan bahasa indonesia tidak memiliki tingkatan gaya bahasa secara sosial, seperti Bahasa Jawa yang membedakan gaya bahasa secara sosial menjadi tiga tingkatan, yaitu: ngoko, madya dan krama(http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Jawa). Hal itu mempermudah kita untuk menggunakan bahasa indonesia. Meskipun saat ini dipahami oleh lebih dari 90% warga Indonesia, bahasa Indonesia tidak menduduki posisi sebagai bahasa ibu bagi mayoritas penduduknya. Sebagian besar warga Indonesia berbahasa daerah sebagai bahasa ibu. Penutur bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Namun demikian, bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di surat kabar, media elektronika, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya,[3] sehingga dapatlah dikatakan bahwa bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia(http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia). Dibandingkan dengan bahasa-bahasa Eropa, bahasa Indonesia tidak banyak menggunakan kata bertata bahasa dengan jenis kelamin(http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia). Oleh karena itu saya bangga dengan bahasa indonesia…

  22. Tentu saja saya bangga terhadap bahasa Indonesia, karena sebagai warga negara Indonesia, bahasa apa lagi yang harus kita banggakan selain bahasa tanah air?, di samping itu rasa bangga terhadap bahasa tanah air merupakan suatu kewajiban bagi setiap warga negara yang baik, walaupun dilihat dari kedudukannya saat ini nampaknya bahasa Indonesia sulit untuk dibanggakan, dimana begitu banyak masyarakat Indonesia yang tidak mampu dan tidak mau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar,Contoh sederhana dapat kita dengar pelafadzan kata TV yang seharusnya dibaca ‘teve’ menjadi ‘tivi’(www.netsains.com, jumat 20 November2009). Selain itu, banyak stasiun TV yang menayangkan sinetron- sinetron dengan bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa Inggris yang tentunya merusak struktur bahasa Indonesia yang benar(www.DNA berita.com, Jumat 20 November 2009). namun kita masih dapat mencari dan menemukan kelebihan yang masih dimiliki oleh bahasa kita tercinta ini mengingat kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, diantaranya bahwa bahasa Indonesia telah dipelajari oleh 45 Negara di dunia (www.kompas..com .Rabu, 29 Oktober 2008), selain itu bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh, Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam (www.kompas..com . Jumat, 12 Juni 2009), dan bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress (http://amriltgobel.multiply.com pada 17 Januari 2009), ini menunjukkan bahwa bahasa Indonesia masih layak dan harus dibanggakan.

  23. Tentu saja saya bangga terhadap bahasa Indonesia, karena sebagai warga negara Indonesia, bahasa apa lagi yang harus kita banggakan selain bahasa tanah air?, di samping itu rasa bangga terhadap bahasa tanah air merupakan suatu kewajiban bagi setiap warga negara yang baik, walaupun dilihat dari kedudukannya saat ini nampaknya bahasa Indonesia sulit untuk dibanggakan, dimana begitu banyak masyarakat Indonesia yang tidak mampu dan tidak mau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, seperti mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.(www.DNA.co., Jum’at 20 November 2009). wlaupun demikian kita masih mampu menemukan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh bahasa Indonesia, yang patut kita banggakan, diantaranya, bahwa bahasa indonesia adalah bahasa yang telah dipelajari oleh 45 Negara di Dunia. (www.kompas.com, Rabu 29 Oktober 2008).

  24. IIN JAYANA Says:

    Bangga karena bahasa indonesia merupakan identitas bangsa kita yang membedakan dengan bahasa negara lain. Ibaratnya seperti merk yang diciptakan agar semua orang didunia mengetahui dan mengenal bahasa yang kita pakai.Karena bahasa indonesia juga dijadikan sebagai bahasa pemersatu antar suku yang ada dinegeri kita “Indonesia Raya”.

  25. IIN JAYANA Says:

    Bangga karena bahasa indonesia merupakan identitas bangsa kita yang membedakan dengan bahasa negara lain. Ibaratnya seperti merk yang diciptakan agar semua orang didunia mengetahui dan mengenal bahasa yang kita pakai.Karena bahasa indonesia juga dijadikan sebagai bahasa pemersatu antar suku yang ada dinegeri kita “Indonesia Raya”.

  26. Karena saya lahir dan besar di Indonesia, secara tidak langsung saya mengenali, mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia. Jadi jika ada pertanyaan tentang apakah saya bangga atau tidak bangga jawabannya BANGGA, karena dengan bahasa inilah saya mengenal segalanya yang ada di hidup saya sampai sekarang ini.
    Namun sayangnya nasib bahasa Indonesia saat ini sangat menggenasakan, masyarakat Indonesia sendiri lebih senang beringgris – inggris ria dalam berbahasa, contohnya di iklan baik media elektronik maupun media cetak. Tidakkah masyarakat Indonesia seperti masyarakat Jepang yang bangga dengan bahasa nasionalnya sendiri. Menurut Tsukasa Iga, seorang kawan dari Jepang, masyarakatnya tidak terlalu mengenal Facebook tetapi mereka mempunyai situs jejaring sosial sendiri yang tentu saja menggunakan tulisan kanji. Begitu pula dengan tulisan-tulisan pada blog mereka yang berkanji ria. Tidakkah kita bangga bahwa bahasa Indonesia sudah diakui oleh Google dan Wikipedia?

  27. BANGGA…
    Saya lahir, besar, dan hidup di Indonesia, jadi secara tidak langsung saya mengenal, mempelajari, dan menggunakan bahasa Indonesia. Menurut Ajip Rosidi Bahasa Indonesia sebenarnya telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa selama kurang lebih tiga perempat abad. Bahasa Indonesia terbukti mampu digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang sehalus-halusnya dan seindah-indahnya seperti tampak dalam karya-karya sastranya. Bahasa Indonesia juga terbukti mampu digunakan untuk menuliskan pikiran-pikiran yang betapa pun rumitnya seperti tampak dalam karya-karya ilmiah dan falsafah yang ditulis di dalamnya. Banyak bangsa lain yang menyatakan kekaguman terhadap bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan karena dua hal. Pertama, bangsa kita merebut kemerdekaan dengan perjuangan fisik dan diplomasi yang seru, sehingga melibatkan PBB dan negara-negara maju. Kedua, karena bangsa kita sejak awal sudah mempunyai satu bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia. Adakah negara-negara lain (yang bahkan serumpun) yang seperti bangsa kita? Tidak ada. Hampir kebanyakan dari mereka juga mengikutsertakan bahasa penjajah sebagai bahasa nasional pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. jadi sudah septutnya kita bangga dengan bahasa Indonesia yang juga menjadi identitas bangsa kita, bangsa Indonesia.

  28. Afif Cholisun Nashoih Says:

    saya adalah orang Indonesia murni.saya bangga terhadap negara ini, begitu juga saya bangga dengan bahasa Indonesia.lazim bagi warga negara Indonesia membanggakan bahasa persatuan negara ini.rasa bangga terhadap bahasa indonesia merupakan cerminan rasa hormat dan menghargai atas perjuangan para pejuang yang telah menjadikan bahasa ini sebagai bahasa persatuan.terimaksih.

  29. Saya bangga menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Karena dengan bahasa Indonesia, saya bisa menyampaikan apa yang ingin saya katakan kepada orang lain, meskipun berbeda suku.

    Saya bangga dengan bahasa Indonesia, karena dengan bahasa Indonesia saya bisa menuliskan apa yang saya pikirkan di atas kertas.

    Saya bangga dengan bahasa Indonesia, karena dengan bahasa Indonesia saya bisa mengajak saudara saya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan

    arab, 2008

  30. Maftuhatus Sa'diyah Says:

    tentu saja saya akan menjawa IYA. akan tetapi bangga dalam hal ini bukan berarti “sombong” atau “takabbur”, tapi hal ini seperti sebuah refleksi, sebuah manifestasi dari perasaan menyukai dan mencintai bahasa itu sendiri. baik dari sejarahnya, kaidah-kaidahnya, dan segala sesuatu yang ada didalamnya.

  31. Nurul Faridah Says:

    jelas saya bangga dengan bahasa Indonesia karena saya dilahirkan di Indonesia dan murni sebagai warga Indonesia.
    Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa pemersatu atas beribu suku yang ada ditanah air.
    karena bahasa indonesia adalah mahkota yang kita miliki, yang harus kita jaga dan kita pertahankan agar tidak diklaim juga oleh negara lain. apa yang akan kita gunakan kalau seandainya bahasa kita diklaim oleh negara lain padahal bahasa indonesia adalah bahasa identitas kita??
    Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa pemersatu atas beribu suku yang ada ditanah air.

    Dalam kukungan kolonial, para pemuda 1928 telah membuat sebuah terobosan, ‘breaking the rule’, dengan menyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan atau bahasa nasional. Sebagai media pemersatu atas beribu bahasa yang ada di tanah air. Maka pemuda di masa kini, seharusnya telah memasuki tahap berikutnya: menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa global. Tidak lagi bicara dalam konteks nasional, melainkan universal. (Doni Riadi: http://www.ask.com/bar?q=bangga+berbahasa+Indonesia&page=2&qsrc=121&dm=all&ab=4&u=http%3A%2F%2Fwww.karawanginfo.com%2F%3Fp%3D5307&sg=B7WXrbkvMAl%2Fr6wJ6%2BkPuojD2d6C4bfpR1Tbf2aIDqw%3D&tsp=1261727047520)
    Bahasa Indonesia adalah bahasanya warga Negara Indonesia. Karena itu wajib hukumnya bagi warga Negara Indonesia untuk merawat dan melestarikannya. Tidak hanya dipakai dalam menyusun naskah pidato atau naskah undang-undang saja namun seharusnya bahasa Indonesia dipakai dalam segala hal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai ditinggalkan si empunya. Maraknya bahasa gaul atau bahasa modern yang kini menyebar luas di kalangan pemuda-pemudi Indonesia tampaknya telah menggeser kedudukan bahasa Indonesia di mata mereka. Kini mereka tidak lagi bersemangat untuk mempelajari bahasa nasional kita seperti halnya semangat pemuda sebelum kemerdekaan. Dahulu, pemuda-dan pemudi Indonesia begitu kerasnya berjuang mempersatukan Indonesia hingga pada akhirnya tercetuslah sumpah yang sangat terkenal yakni sumpah pemuda. Isi sumpah tersebut di antaranya adalah seluruh pemuda Indonesia bersumpah untuk menjunjung suatu bahasa yang akan mempersatukan bangsa Indonesia, bahasa yang akan menjadi bahasa seluruh warga Negara Indonesia, bahasa Indonesia. Oleh: Q11901 (http://www.ask.com/bar?q=bangga+dengan+bahasa+indonesia&page=1&qsrc=2417&dm=all&ab=6&u=http%3A%2F%2Fpoet3q.blogspot.com%2F2009%2F07%2F5-alasan-bangga-dengan-bahasa-indonesia_04.html&sg=nNkPTIuqXelrvDwEGJzv9faXZ2Ui6K%2FFgfXoTgnEEU8%3D&tsp=1261728432951)

  32. kareNa kita diwajibkan bangga oleh para orang tua, guru, dosen dan undang-undang

  33. maftuhatus sa'diyah Says:

    jika ditanya tentang hal ini, saya akan menjawab YA, saya bangga terhadap bahasa indonesia. tetapi bangga disini bukan berarti sombong atau takabbur, tapi hal ini lebih mengarah kepada sebuah refleksi dari kata kecintaan atau menyukai terhadap bahasa itu sendiri.

  34. uswatun chasanah Says:

    saya bangg terhadap bahasa indonesia karena saya merasa bahwa ini adalah bahasa tanah kelahiran saya. bahasa yang telah terbiasa dengan saya sejak kecil

  35. Novia Indah K Masykur Says:

    YA…SAYA BANGGA
    Warga negara mana yang tidak bangga dengan bahasa negaranya. Ketika pertanyaan itu ditujukan kepada setiap warga negara, sebagian besar dari mereka akan mengatakan bahwa mereka bangga dengan bahasa negaranya. Begitupun ketika pertanyaan itu ditujukan pada saya, dengan tegas saya akan katakan bahwa SAYA BANGGA DENGAN BAHASA NEGARAKU.
    Warga negara mana yang tidak bangga ketika mengetahui bahwa bahasa negaranya:
    1. Dipelajari oleh 45 negara di dunia
    2. Dijadikan sebagai bahasa kedua di kota Ho Chi Minh, Vietnam
    (www.kompas.com, Rabu, 29 Oktober 2008.)

  36. Novia Indah K Masykur Says:

    Meskipun dewasa ini, sepertinya bahasa Indonesia mulai ditinggalkan si empunya. Maraknya bahasa gaul atau bahasa modern yang kini menyebar luas di kalangan pemuda-pemudi Indonesia tampaknya telah menggeser kedudukan bahasa Indonesia di mata mereka. Kini mereka tidak lagi bersemangat untuk mempelajari bahasa nasional kita seperti halnya semangat pemuda sebelum kemerdekaan, tapi saya harus berusaha agar tidak menjadi bagian dari mereka.
    Marilah kita renungkan bahasa kita sendiri yaitu bahasa Indonesia. Jangan terlalu bangga dengan bahasa asing jika bahasa Indonesia saja kita kurang mengerti makna dan hakikatnya. Jangan sampai bahasa Indonesia punah di tangan generasi penerus sendiri, cintai dan hargai bahasa Indonesia.

  37. nasamatul mufudah Says:

    Fungsi Bahasa Indonesia sangat banyak, diantaranya Bahasa Indonesia sebagai penyatu bangsa. Negara Indonesia terdiri atas berbagai macam suku.Tiap suku mempunyai bahasa daerah yang berbeda, misal: suku jawa dan madura. Namun dengan Bahasa Indonesia suku yang satu bisa memahami bahasa suku yang lain. Saat ini sikap bangsa Indonesia terhadap bahasa mereka sangat memprihatinkan, tercermin antara lain dari sikap mereka yang lebih mengutamakan penggunaan bahasa
    asing daripada penggunaan Bahasa Indonesia.

  38. Bangga gitu loh…..
    Bahasa Indonesia itu bahasanya keren, gaul, indah, pokoknya gak ada yang nyamain ma bahasa-bahasa lain dech….

  39. Moh Ubaidillah Says:

    pastinya bangga….
    siapa lagi kalo bukan kita yang membanggakan bangsa kita sendiri…
    logika seperti rumah, siapa yang bakal ngiasin dan membanggakan rumah itu kalo bukan penghuni dan pemiliknya…..
    begitu juga bahasa indonesia….

  40. Nasamatul Mufidah Says:

    Banyak sekali fungsi Bahasa Indonesia. Diantaranya yaitu sebagai pemersatu bangsa. Indonesia terdiri atas banyak suku, dan tiap suku mempunyai bahasa daerah yang berbeda-beda. Namun dengan Bahasa Indonesia, suku yang satu bisa memahami bahasa suku yang lain. sekarang ini keadaan bangsa Indonesia sangat memprihatinkan, mereka lebih menguasai bahasa asing dari pada bahasa mereka sendiri.

  41. Nasamatul Mufidah Says:

    Ya, saya bangga terhadap Bahasa Indonesia, karena bahasa ini memiliki banyak sekali fungsi. Diantaranya yaitu sebagai pemersatu bangsa. Indonesia terdiri atas banyak suku, dan tiap suku mempunyai bahasa daerah yang berbeda-beda. Namun dengan Bahasa Indonesia, suku yang satu bisa memahami bahasa suku yang lain. sekarang ini keadaan bangsa Indonesia sangat memprihatinkan, mereka lebih menguasai bahasa asing dari pada bahasa mereka sendiri.

  42. Moh Ubaidillah Says:

    pastinya bangga…
    siapa lagi yang mau membanggakan kalo bukan kita sebagai penduduk indonesia…
    contoh logikanya seperi rumah, siapa yang mw membanggakan rumah itu kalo bukan pemilik dan penghuninya…

  43. saiful anwar` Says:

    bagi saya pribadi bahasa indonesia adalah bahasa dimana saya bernaung dibawahnya, dari itu saya harus bangga dan dan bersyukur karna saya masih bisa menghirup udara segar derngan adanya bahasa, karena hampir semua kegiatan manusia memerlukan adanya bahasa. Bahasa juga sebagai sarana yang sangat penting dan tidak dapat di tinggalkan dalam semua aktivitas sehari-hari, sejak beranjak bangun dari tempat tidur hingga kembali ke tempat peristirahatn semula, oleh sebab itu sangatlah sukar bagi manusia untuk hidup tanpa adnya bahasa (DJOKO Kentjono. Dasar-dasar linguistik umum).
    Oleh sebab itu saya bangga pada bahasa indonesia sebab karenanyalah persatuan indonesia bisa terealisasikan, sebab karenanyalah persamaan hak asasi bangsa bisa di tegakkan, bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu ras dan suku untuk menuai kedamaian bersama sehingga terwujudkan ketentraman antar sesama insan

  44. bangga sekali…
    bahasa indonesia adalah bahasa persatuan bagi seluruh warga Indonesia. Walaupun berbeda-beda tapi tetap satu jua, satu bahasa, satu bangsa, satu hati. cinta Indonesia!!!
    maju terus Indonesiaku!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: