Hiburan 2012

Tuliskan komentar Anda tentang 2012!

40 Tanggapan to “Hiburan 2012”

  1. Film yang menceritakan tentang kisah akhir jaman ini memang menjadi kontroversi. Hal ini dikarenakan film ini memancing opini masyarakat untuk percaya bahwa hari kiamat akan terjadi di tahun 2012. Padahal, film ini sebenarnya sama saja dengan film-film lain yang bergenre action dan kehancuran. Bukan karena judulnya yang “2012”, lantas kita harus takut dan resah bahwa kiamat akan benar-benar terjadi pada tahun tersebut.
    Ditinjau dari sudut agama, kita sebagai makhluk yang beriman janganlah mudah percaya akan isu-isu seperti itu. Di salah satu ayat Al-Qur’an dijelaskan bahwa tak ada satu pun makhluk yang mampu memprediksi datangnya hari kiamat. Lalu, jika akhir-akhir ini ramai diberitakan bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012, bukankah itu lucu? Jadi, selama masih ada manusia yang mampu memprediksi kedatangan kiamat, justru pada saat itulah kiamat tidak akan pernah terjadi. Kiamat akan benar-benar terjadi ketika nanti manusia telah lupa dan tak mampu lagi menebak kedatangannya.
    Oleh sebab itu, kita harus cerdas dalam menyikapi sebuah isu yang masih belum jelas kebenarannya. Menanggapi film 2012, anggaplah film ini hanya semata-mata hanya untuk hiburan saja. Karena bagaimana pun juga, kualitas film ini sangat bagus dilihat dari segi alur cerita dan teknologinya, dibandingkan dengan film-film negeri kita yang kebanyakan hanya bertemakan cinta, komedi, dan horor melulu. Selain untuk hiburan, film 2012 ini juga dapat kita jadikan sebagai motivasi agar kedepannya kita bisa menjadi manusia yang lebih baik. Mumpung kita masih diberi kesempatan untuk merasakan indahnya matahari ketika terbit dari timur, dan betapa eksotisnya ia ketika tenggelam di ufuk barat, pergunakan waktu ini dengan sebaik-baiknya dengan berbenah diri, sebelum kiamat yang sebenarnya betul-betul terjadi. Tak ada salahnya jika kita belajar dari pepatah, “sedia payung sebelum hujan”.

  2. Ida Sari Rahmawati Says:

    Banyak kalangan bahkan seluruh manusia di dunia ini membahas masalah kiamat yang diramalkan akan terjadi pada 21 Desember 2012 tapi jika membicarakan masalah kiamat, tentunya kita tak boleh lancang mendahului kehendak Tuhan. Sepertinya isu ini sengaja dimanfaatkan oleh para seniman Hollywood untuk menarik perhatian penikmat film. Lihat saja film 2012 yang tayang serentak hampir di seluruh bioskop di Indonesia. Sejak penayangan perdana, penonton sudah membludak. Kecerdikan produser film 2012 ini dalam memanfaatkan isu yang sedang beredar memang pantas kita acungi dua jempol sekaligus. Kalau perlu dijadikan koleksi film pribadi supaya kita tahu bahwa gambaran hari kiamat itu lebih dahsyat dari film 2012 ini. Kapan kiamat datang? biarlah hari itu menjadi rahasia Tuhan. Jangan terpancing dengan isu-isu yang kebenarannya belum jelas. Berpegang teguh pada agama dan selalu berbuat baik serta meningkatkan amal ibadah untuk menyambut hari itu.

  3. Endang Ermitasari Says:

    “2012” Bencana atau Kiamat?

    2012 adalah film yang cukup fenomenal dari beberapa film yang sedang “in” saat ini. Menjadi fenomenal karena diiringi dengan publikasi berlebihan yang dikaitkan dengan datangnya hari kiamat pada tahun 2012 nanti (Wow! Apakah rahasia terbesar Tuhan telah bocor?).

    Mungkin justru akan terdengar lebih ilmiah dan aktual jika film itu dikaitkan dengan pemanasan global. Kejadian-kejadian dalam film tesebut lebih tepat jika disebut bencana dari pada kiamat. Karena ada manusia yang selamat di akhir cerita.(Emangnya waktu kiamat nanti manusia bisa menyelamatkan diri ya?). Mengingat latar belakang cerita yang menggambarkan kiamat (baca: benar-benar kiamat).

    Tapi hal itu pantas terjadi karena 200juta dollar AS bukan jumlah yang sedikit untuk biaya produksi sebuah film. Apakah Anda ingin ikut menjadi seorang “pengembali” modal film tersebut? Kalau saya lebih suka menonton film itu dirumah teman yang sudah memiliki DVD 2012. Gratis tentunya.

  4. Kukuh Fadliyatis S Says:

    2012, Kiamat atau Selamat?
    Beberapa waktu ini, dunia dihebohkan dengan kemunculan film kontroversial yang berjudul 2012. Film ini menceritakan tentang bencana dahsyat yang terjadi pada tahun 2012, tetapi film ini diinterpretasikan secara berlebihan yang memunculkan skemata tentang kiamat. Dan muncullah anggapan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012.
    Film ini bagaikan pisau bermata dua, dapat berguna dan dapat merugikan penontonnya. Berguna jika film ini dipergunakan sebagai sarana untuk mawas diri, sehingga penonton termotivasi untuk berbuat lebih baik terhadap alam dan sesama. Merugikan apabila penonton secara langsung menelan mentah-mentah cerita yang ditayangkan tanpa mengingat dan menimbang banyak hal .
    Jika kemunculan film ini hanya membawa keresahan dan kerugian terhadap masyarakat lebih baik film ini di ganti dengan film Kiamat Sudah Dekat asli buatan Indonesia atau Harry Potter. Pesan yang disampaikan lebih mengena pada film Kiamat Sudah Dekat, sedangkan jika melihat visual effect yang dimunculkan Harry Potter lebih cocok menggantikan 2012.

    Kukuh Fadliyatis S
    Universitas Negeri Malang

  5. Tia Dwi Putri Hari Nanda Says:

    MUI Sarankan Tonton Film Horor?

    Film 2012 berkisah tentang kehancuran dunia. dan hal itu dikecam oleh MUI karena tidak patut untuk dipublikasikan sebab dapat meresahkan publik berkaitan dengan datangnya hari kiamat. oleh karena itu, tontonlah film kuntilanak dalam kubur, setan budeg dan film-film horor lainnya yang tidak dikecam oleh MUI. Begitukah kata tersirat yang ingin dilontarkan MUI?

    Sebenarnya dari pihak film 2012 telah menyatakan bahwa film ini hanya bersifat fiktif, segala hal yang ada di dalamnya tidak mengandung relevansi kebenaran pada masalah datangnya hari kiamat dan seterusnya.

    Seharusnya film 2012 ini diacungi jempol, melihat penggunaan efek visual yang sangat bagus dan sambutan yang antusias dari publik juga isi ceritanya yang menarik. Jika ada masyarakat yang meresahkan hal tersebut (takut akan kiamat), maka baguslah mereka agar segera bertobat.

  6. Renny Lutviana Says:

    Cinta Film Produk Indonesia?

    Film 2012 sudah beredar di masyarakat. Film yang kontroversial ini cukup menyita perhatian publik. Bahkan, ada pihak yang melarang pemutaran film ini.

    “Mengapa” adalah pertanyaan mendasar yang patut diajukan. Mengapa film yang memberi hikmah justru ditentang, sementara film asli dalam negeri yang justru dapat dikatakan ‘hot’ malah disemarakkan? apakah memang inilah mental bangsa Indonesia? Meskipn semboyan ‘Cintai Produk dalam Negeri’ harus digalakkan, bukan berarti film dalam negeri yang ‘hot’ patut dicintai. Jika memang begitu, mungkin ada baiknya jika diganti menjadi ‘Cintai Film Hot dalam Negeri’

  7. Millatuz zakiyah Says:

    2012 vs KPK dan POLRI

    Konflik KPK vs POLRI sering diibaratkan konflik cicak vs buaya. Kasus yang telah menjadi polemik sejak Agustus hingga waktu yang belum jelas ini belum juga menampakkan tanda-tanda bakal selesai. Sementara itu, di ranah perfilman, telah muncul film yang juga membawa polemik tersendiri, 2012. Jika dibandingkan, ternyata film ini memiliki keterkaitan dengan konflik cicak vs buaya. Keduanya sama-sama melahirkan banyak pemburu, pemburu berita dan pemburu tiket bioskop, sama-sama menimbulkan polemik dan sorotan dari berbagai pihak. Kesamaan lain, keduanya cenderung direkayasa. Yang satu merekayasa hukum alam, yang alinnya merekayasa hukum alam arti yang sebenarnya.

    Setelah jenuh dari kasus pelaku korupsi, masyarakat Indonesia beralih pada kasus KPK vs POLRI. Dan sekarang, mungkin karena masyarakat mulai jenuh dengan onflik KPK vs POLRI, akhirnya mereka memilih berburu hal lain, 2012. lalu apakah kita harus jenuh menunggu tahun 2012 untuk menyelesaikan kasus ini?

  8. Tia Dwi Putri Hari Nanda Says:

    MUI Sarankan Tonton Film Horor?
    Film 2012 berkisah tentang kehancuran dunia. dan hal itu dikecam oleh MUI karena tidak patut untuk dipublikasikan sebab dapat meresahkan publik berkaitan dengan datangnya hari kiamat. oleh karena itu, tontonlah film kuntilanak dalam kubur, setan budeg dan film-film horor lainnya yang tidak dikecam oleh MUI. Begitukah kata tersirat yang ingin dilontarkan MUI?
    Sebenarnya dari pihak film 2012 telah menyatakan bahwa film ini hanya bersifat fiktif, segala hal yang ada di dalamnya tidak mengandung relevansi kebenaran pada masalah datangnya hari kiamat dan seterusnya.
    Seharusnya film 2012 ini diacungi jempol, melihat penggunaan efek visual yang sangat bagus dan sambutan yang antusias dari publik juga isi ceritanya yang menarik. Jika ada masyarakat yang meresahkan hal tersebut (takut akan kiamat), maka baguslah mereka agar segera bertobat.

  9. umroh mahfudzoh Says:

    DIMANA LETAK AGAMA DALAM FILM 2012?
    Sejalan dengan bergulirnya waktu, IPTEK manusia terus berkembang, berkembang, dan bahkan sampai memuncak. Terkadang manusia tidak memahami mengapa hal itu terjadi. Dipermasalahkannya peristiwa kiamat oleh fenomena meladaknya film 2012, tatkala merupakan pemikiran singkat makluk yang hanya mengandalkan IPTEK-nya. Manusia seharusnya berpikir logis dengan tanpa meninggalkan agama. Tidak semudah itu para pemilik IPTEK menciptakan film yang tergolong dasyat aminasinya. Apakah ini bukan hal yang aneh, dan super aneh!! Logika kita sekarang DIMANA LETAK AGAMA DALAM FILM TERSEBUT???
    Perspektif agama tentang tanda-tanda dan peristiwa hari kiamat pada intinya tidak ada seorang pun yang selamat, semua akan mati. Dilihat dari perspektif pendek ini, bukankah suatu kejadian pada film 2012 yang terdapat sekumpulan manusia hidup dan dapat menghindar dari bencana kiamat itu bertentangan sekali dengan hukum agama? Dalam prespektif agama dan pikiran ber-IPTEK tidak mungkin seseorang dapat mematok kiamat terjadi pada tahun 2012. Pemikiran itu tidak dibenarkan dalam agama, karena sesunggunya agama telah menyuratkan tanda-tanda dan peristiwa hari kiamat.

  10. Chulusul Umniyati Says:

    Film yang sangat menghebohkan semua kalangan masyarakat. Film yang dapat merusak aqidah, apabila ditelan mentah-mentah oleh yang melihat.Sampai-sampai banyak orang meramalkan bahwa pada tahun 2013 keadaan di bumi ini sunyi, tidak ada kehidupan di dalamnya. Darimana mereka mengetahui hal itu? Hal itu merupakan bisikan jin dan setan yang hanya ingin menyesatkan manusia. Seharusnya setiap melihat sesuatu, kita harus belajar mengambil hikmah dari hal itu, termasuk menonton film. Menonton film bukan hanya sebuah kegiatan hiburan yang setelah itu hilang tak membekas di hati dan pikiran, melainkan juga sebuah pembelajaran untuk menjadi diri yang lebih baik.
    Dengan melihat film 2012, kita dapat kembali mengingat dan menyadari bahwa kehidupan dunia ini tidaklah kekal abadi selamanya. Allah telah bersabda pada surat Asy Syuura ayat 17 dan 18 “Allah-lah yang menurunkan kitab dengan (membawa) kebenaran dan (menurunkan) neraca (keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu (sudah) dekat ? (17) Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi). Ketahuilah bahwa sesungguhnya orang-orang yang membantah tentang terjadinya kiamat itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh (18)”. Jadi setalah melihat film itu bisa lebih meningkatkan iman kita pada hari kiamat, sehingga manusia menjadi semakin rajin beribadah dan berbuat baik kepada sesama. Namun kita jangan sampai mempercayai bahwa hari kiamat akan benar-benar terjadi pada tahun 2012 karena datangnya kiamat itu tidak ada yang mengetahui kecuali Allah SWT. Apalagi mempercayai suatu ramalan dan tipuan daya manusia, berarti kita telah mendahului kehendak Allah. Film itu hanyalah sebuah rekayasa orang barat untuk merusak imannya orang islam.
    Jadi mari kita ambil manfaat yng baik saja dari film 2012….Oce…?

  11. Film 2012 memang sangat menghebohkan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Karena film ini di anggap sebagai hari kiamat. Padahal kita ini adalah makhluk yang beriman. Dan kita semua juga tahu bahwa hari kiamat tidak ada yang tahu kapan datangnya. Mungkin saja terjadi tahun ini atau tahun depan atau eberapa tahun lagi. Ini semua hanya ALLAH SWT yang tahu. Dan orang hidup di dunia ini di ibaratkan hanya sebagai orang yang mampir untuk minum saja dan di ibaratkan juga hidup itu seperti mainan. Jadi kita hidup di dunia ini tidak kekal abadi dan sudah dijelaskan juga pada ayat al-qur’an seperti yang ditulis oleh saudari chulusul umniyati di atas. Dan kita juga harus bisa menghadapi hidup yang dari hari ke hari semakin memberikan kita banyak tantangan. Apalagi di era globalisasi ini. Kita juga harus tahu apa tujuan kita hidup di dunia ini???.
    Dengan film 2012 ini kita dapat mengambil manfaat yang sangat banyak sekali. Bukan hanya menonton saja tapi kita harus tahu hikmah di balik film tersebut. Karena kita melihat film tidak sekedar sebagai refresing saja. Dan dalam film ini, kita dapat mengambil hal yang sangat kontroversi sekali dengan isu-isu yang menyebutkan bahwa film ini menceritakan hari kiamat. Padahal pada waktu hari kiamat tidak ada seorangpun yang bakalan selamat kecuali dzat yang telah menciptakan makhluk di dunia yaitu ALLAH SWT. Dan dalam al-qur’an surat al-qaari’ah ayat 4). Pada hari itu manusia seperti kupu-kupu yang bertebaran 5). Dan gunung-gunung seperti bulu yang di hambur-hamburkan. Keterangan ayat al-qur’an ini sudah jelas bahwa tidak akan ada seorangpun yang akan selamat kecuali ALLAH SWT. Namun, kenapa dalam film ini ada sekelompok manusia yang masih hidup??? Inilah hal yang sangat mustahil sekali. Dan menurut saya, film ini seperti film barat-barat yang lainnya yaitu tentang kehancuran sebagian ciptaan Tuhan. Jadi, kita sebagai makhluk yang beriman jangan sampai mudah percaya dengan isu-isu yang tersebar di sekitar kita. Mungkin saja, mereka hanya ingin mencari sensasi saja.

  12. dyah rahmawati Says:

    2012 SIAPA PEMBELAMU?
    Kiamat 2012 sebenarnya telah menjadi perdebatan publik sejak beberapa tahun lalu. Hal itu seiring dengan ditemukannya kalender suku Maya kuno di reruntuhan Meksiko oleh beberapa peneliti asing yang ingin mempelajari suku Maya. Berdasarkan kalender tersebut mereka menafsirkan bahwa kalender dunia akan berhenti pada 21 Desember 2012. Dengan kombinasi marketing yang efisien mereka menafsirkan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Penafsiran ini kemudian menyebar ke seluruh dunia, dan efeknya selain aliran uang adalah ketakutan di kalangan masyarakat awam.
    Fenomena ini ternyata juga ditangkap baik oleh industri perfilman Hollywood. Hanya dengan bermodalkan isu yang begitu santer di tengah masyarakat saat ini, sutradara Roland Emmerich telah berani menggagas sebuah film yang berjudul 2012. Pada November 2009 ini film yang berjudul 2012 tersebut telah menyerbu bioskop-bioskop di Indonesia dan hampir dipastikan akan segera menjadi box office dunia.
    Film yang bercerita tentang kehancuran dunia di tahun 2012 ini telah mengundang kontroversi dari sejumlah kalangan masyarakat di dunia. Para ulama membantah bahwa kehidupan dunia akan berakhir di tahun 2012. Menurut mereka, kiamat adalah sesuatu hal ghaib yang menjadi rahasia sejati sang Khalik. Pembantahan juga dilontarkan oleh komunitas arkeolog dunia. Menurut mereka, suku Maya sesungguhnya tidak pernah mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Hal yang sama juga dikeluarkan oleh Apolinario Chile Pixtun, seorang sesepuh suku Maya di Guatemala. Menurutnya, ide kiamat 2012 datang dari orang-orang barat bukan dari suku Maya.
    Para ilmuwan NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) juga membantah keras ramalan akan terjadinya kiamat di tahun 2012. Isu planet Nibiru yang dikabarkan akan menabrak bumi pada tahun 2012 adalah sebuah mitos tanpa dasar fakta yang kuat. Menurut peneliti senior Institut Astrobiologi NASA David Marrison, klaim yang gigih tentang sebuah planet yang dekat dengan bumi, tetapi tak terlihat hanyalah sekadar kekonyolan belaka. Lebih lanjut Marrison mengatakan bahwa seluruh skenario bencana pada film 2012 adalah tipuan. Jadi sekarang, siapa pembela gagasan kiamat 2012 itu?

    Oleh : Dyah Rahmawati

    Pak sebenarnya tanggal 25 November kemarin saya sudah kirim ke blognya bapak, tapi karena link 2012 tidak, jadinya saya kirim ke link univ.negeri Malang. oya, saya juga kirim ke e-mailnya bapak juga.

  13. Yulia Andi Pratiwi Says:

    Pro dan Kontra Film 2012
    Tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui datangnya hari kiamat! Itulah ungkapan yang tepat tentang isu akhir-akhir ini. Isu yang menyatakan tentang hari kiamat pada tahun 2012, tepatnya tanggal 21 Desember 2012. Selain itu muncul film 2012 yang hanya film fiksi ilmiah (science fiction) belaka. Film ini menayangkan tentang bencana alam yang sangat dahsyat yang melanda bumi. Banyak orang mengatakan bahwa gambaran kiamat seperti dalam film tersebut. Padahal film 2012 bukan film teologi atau film tentang agama.
    Sebagian orang, khususnya yang beragama islam menentang keras penayangan film ini. Di Indonesia, reaksi awal datang dari MUI Malang, yang memberikan komentar dan merasa waswas dengan film itu. MUI Malang bahkan mengeluarkan pernyataan agar umat Islam tidak menonton film 2012. Alasannya karena musyrik. Begitu pula respon dari Front Pembela Islam (FPI) yang ikut mengeluarkan pernyataan akan menarik film itu dari bioskop-bioskop. Walaupun ada reaksi seperti itu, banyak para tokoh agama sadar bahwa itu adalah film fiksi ilmiah dan tak layak dikomentari secara agama. Begitulah, selalu ada pihak pro dan kontra. Selama film ini masih belum terbukti, tidak ada yang bisa memprediksi apakah tahun 2012 kiamat memang benar-benar terjadi ataukah hanya isapan jempol belaka? Hanya Tuhan yang tahu.

  14. Dini Pangestuning Tyas Says:

    LEGENDA CICAK-BUAYA VS FILM 2012
    Kabar Indonesia terbaru. Tak berhenti dari legenda Cicak Vs Buaya, kini adanya intermeso (selingan) dari film luar negeri yaitu film 2012 yang turut meramaikan masyarakat Indonesia, seakan-akan membuat masyarakat tak fokus lagi dengan legenda tersebut. Namun, pada kenyataannya legenda Cicak Vs Buaya tetap menjadi favorit masyarakat. Terbukti dengan adanya respon masyarakat mengenai pidato presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sehingga menimbulkan pro dan kontra dalam menyikapi pidato tersebut yang berkenaan dengan rekomendasi tim delapan yang menyatakan bahwa “Kasus Bibit-Chandra tidak perlu diajukan ke pengadilan”, hal inilah yang memicu koontroversi di masyarakat.
    Apakah kontroversi ini akan seheboh film 2012, yang mengikutsertakan masyarakat untuk menonton dan mengikuti alur ceritanya?. Tak ada yang tahu juga, kapan legenda Cicak Vs Buaya itu selesai karena hal-hal yang baru pun bermunculan demi mendapatkan kebenaran. Bagaikan film 2012 yang membuat setting bencana besar, sehingga banyak yang beranggapan itu gambaran kiamat. Padahal pembuatnya pun tak tahu apakah kiamat memang seperti yang mereka gambarkan. Untuk Pak Susilo sebaiknya pertegas pidatonya, sehingga tidak mengambang dan membuat masyarakat bimbang tentang kebenaran legenda Cicak Vs Buaya ini!!

    By Dini Pangestuning Tyas
    108211416188/Off B
    Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

  15. Ika Afika Aria S. Says:

    POLITIK DALAM FILM “2012”
    Benarkah tahun 2012 akan terjadi kiamat, kehancuran dunia yang maha dahsyat seperti yang terjadi dalam film “2012”?. Kita tidak perlu memperdebatkan waktu terjadinya kiamat, karena kiamat adalah rahasia Tuhan, hanya Tuhan yang tahu dan tak ada satu orang pun yang bisa meramalkan kapan datangnya hari kiamat.
    Dengan adanya film “2012”, kita tidak perlu resah atau panik tentang datangnya hari kiamat, kita hanya perlu mengambil sisi positif dalam film itu. Ada satu hal yang menarik dalam film itu, yaitu ketika misi penyelamatan, dalam misi itu, yang diutamakan untuk diselamatkan adalah para pejabat pemerintahan, sedangkan rakyat biasa diabaikan dan dibiarkan mati. Mungkin itu merupakan cerminan dunia perpolitikan sekarang ini, oknum-oknum politik lebih mengutamakan diri sendiri dari pada bangsanya, rakyatnya, dan masyarakat sekelilingnya bahkan rela mengorbankan rekan politiknya demi mencapai tujuannya, seperti dalam kasus KPK dan Polri, tak pernah mengemban dan melaksanakan tanggung jawab yang diamanatkan rakyat kepada mereka. Sudah banyak kita temukan hal-hal seperti itu. Jika suatu saat di Indonesia terjadi bencana yang dahsyat, akankah pemerintah Indonesia seperti dalam film itu?

    By Ika Afika Aria Swastika
    108211416178
    Off B
    Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

  16. Dyah Rahmawati Says:

    2012 SIAPAKAH PEMBELAMU?
    Kiamat 2012 sebenarnya telah menjadi perdebatan publik sejak beberapa tahun lalu. Hal itu seiring dengan ditemukannya kalender suku Maya kuno di reruntuhan Meksiko oleh beberapa peneliti asing yang ingin mempelajari suku Maya. Berdasarkan kalender tersebut mereka menafsirkan bahwa kalender dunia akan berhenti pada 21 Desember 2012. Dengan kombinasi marketing yang efisien mereka menafsirkan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Penafsiran ini kemudian menyebar ke seluruh dunia, dan efeknya selain aliran uang adalah ketakutan di kalangan masyarakat awam.
    Fenomena ini ternyata juga ditangkap baik oleh industri perfilman Hollywood. Hanya dengan bermodalkan isu yang begitu santer di tengah masyarakat saat ini, sutradara Roland Emmerich telah berani menggagas sebuah film yang berjudul 2012. Pada November 2009 ini film yang berjudul 2012 tersebut telah menyerbu bioskop-bioskop di tanah air dan hampir dipastikan akan segera menjadi box office dunia.
    Film yang bercerita tentang kehancuran dunia di tahun 2012 ini telah mengundang kontroversi dari sejumlah kalangan masyarakat di dunia. Para ulama membantah bahwa kehidupan dunia akan berakhir di tahun 2012. Menurut mereka, kiamat adalah sesuatu hal ghaib yang menjadi rahasia sejati sang Khalik. Pembantahan juga dilontarkan oleh komunitas arkeolog dunia. Menurut mereka, suku Maya sesungguhnya tidak pernah mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Hal yang sama juga dikeluarkan oleh Apolinario Chile Pixtun, seorang sesepuh suku Maya di Guatemala. Menurutnya, ide kiamat 2012 datang dari orang-orang barat bukan dari suku Maya.
    Para ilmuwan NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) juga membantah keras ramalan akan terjadinya kiamat di tahun 2012. Isu planet Nibiru yang dikabarkan akan menabrak bumi pada tahun 2012 adalah sebuah mitos tanpa dasar fakta yang kuat. Menurut peneliti senior Institut Astrobiologi NASA David Marrison, klaim yang gigih tentang sebuah planet yang dekat dengan bumi, tetapi tak terlihat hanyalah sekadar kekonyolan belaka. Lebih lanjut Marrison mengatakan bahwa seluruh skenario bencana pada film 2012 adalah tipuan. Jadi sekarang, siapa pembela gagasan kiamat 2012 itu?

  17. Dian Fitra FAjarina Says:

    POLITIK 2012

    Belum tuntas berita Buaya Vs Cicak, saat ini negara kita digemparkan dengan penayangan film 2012 yang konon merupakan cerita kiamat yang menimbulkan keresahan penontonnya, sehingga sempat nyaris dicekal. Film 2012 hendaknya kita jadikan ajang introspeksi diri, bukan dijadikan ajang pencekalan. Jika ada sisi positif, mengapa kita gembar-gembor mencari sisi negatifnya?

    Jika kita melihat dengan seksama, sebenarnya film 2012 ini memberikan pelajaran agar manusia berusaha mengantisipasi prediksi tersebut. Dalam ceritanya, terdapat satu gambaran yang perlu kita soroti yaitu masalah politik yang digambarkan mirip dengan kondisi politik di negara kita saat ini. Para penguasa lebih mudah mendapatkan segalanya dibandingkan rakyat yang lebih membutuhkan, sehingga kepentingan rakyat diabaikan. Selain itu hanya orang yang berduit dapat berkuasa, sedangkan yang mlarat ditindas. Hal ini membuktikan sifat egosentris para penguasa mulai bermunculan. Contoh konkret salah satu bentuk aplikasi keegoisan penguasa yaitu korupsi. Dengan melupakan kepentingan rakyatnya, penguasa mengambil hak rakyat tanpa berpikir panjang. Belum lagi masalah Buaya Vs Cicak, para penguasa ribut dengan drama yang mereka buat sendiri yang tak kunjung usai sampai sekarang dan tanpa sadar dan ingat dengan tanggung jawab yang harus mereka berikan kepada rakyat.

    Kebijaksanaan dan kejujuran telah ternodai, sedangkan keadilan tidak dapat dipandang lagi. Ini adalah awal dari kehancuran dunia. Manusialah yang membuat kiamatnya sendiri, akibat dari banyaknya manusia yang mengabaikan agama, nurani, tanggung jawab, kejujuran, keadilan, dan kebijaksanaan.

    Oleh: Dian Fitra Fajarina
    108211416173/Off B
    Pend. Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah

  18. Albitar septian Says:

    2012 Benarkah Gambaran kiamat?
    Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia bahkan masarakat diseluruh belahan dunia digemparkan dengan dirilisnya film 2012.Entah apa yang melatarbelakangi, tetapi masyarakat seakan terbius dengan fisual-fisual yang ditampilkan dalam film ini. Film berdurasi 2 jam ini memfisualkan peristiwa-peristiwa pada hari akhir atau yang lebih dikenal dengan kiamat,mungkin hal inilah yang menyebabkan sebagian orang merinding setelah menyaksikan film ini.Memang fisual yang ditampilkan dalam film ini tampak mengerikan, tapi apakah itu merupakan gambaran dari kiamat? Sebuah pertanyaan yang tak seorangpun bisa menjawabnya.
    Kalau ditinjau lebih teliti film ini sangat erat kaitannya dengan masalah ekonomi,karena sebelum diluncurkan terlebih dahulu disebarkan sebuah isu mengenai ramalan kiamat oleh suku maya dan isu inipun menjadi buah bibir. Dari sini orang akan terdoraong rasa ingin tahunya pada saat bersamaan dirilislah film 2012 ini,sehingga orang berbondang-bondong melihat film ini yang akhirnya menambah omset film ini.Jadi benarkah film ini adalah fisualisasi dalam kiamat?

  19. aminulloh ibrahim Says:

    Adakah tahun 2013 ?

    Industry perfilman Indonesia akhir-akhir ini digemparkan oleh hadirnya film yang berjudul 2012, filem yang terispirasi dari ramalan suku maya ini yang menyebutkan bahwa pada 21-12-2012 merupakan akhir dari dunia. Filem yang berdurasi 2 jam ini menyajikan gambaran-gambaran hari kiamat yang cukup megerikan, meskipun dalam film ini tidak dibintangi oleh artis dan actor terkenal akan tetapi film ini cukup banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia. Namun benar tidaknya isi dalam film ini masih sulit di jelaskan oleh nalar manusia secara logis.
    Akan tetapi jika dilihat dari keadaan lingkungan kita saat ini semua itu bias saja terjadi. Lapisan ozon yang mulai berlubang, pemanasan global, polusi udara, zat radio aktif dan pencemaran lingkungan lainnya bisa jadi membuka jalan menuju hari kiamat. namun terlepas dari semua itu timbul suatu pertanyaan, akankah ada tahun 2013? Dan apakah ramalan itu benar? Semua itu masih menjadi teka-teki bagi kita dan hanya waktu yang mampu menjawabnya.

  20. sandy nugraha putra Says:

    2012, PERINGATAN, ATAU PEMBODOHAN?

    21-12-2012, adalah waktu saat dunia berakhir dan mulainya dunia baru. Itulah yang diperlihatkan dalam film 2012, semua daratan tenggelam dalam air, hanya beberapa orang yang selamat yang berada di dalam sebuah kapal raksasa. Lalu, apabila masih ada yang selamat, apakah layak jika disebut sebagai akhir zaman? Film ini benar-benar berhasil membuat sebagian besar orang untuk tidak hanya melihat, tapi juga membuat orang merasa bahwa film ini akan benar-benar terjadi pada tahun 2012. Dampaknya, ada orang yang merubah perilakunya menjadi lebih baik, selain itu ada juga yang justru melarikan diri karena takut menghadapi peristiwa tersebut.
    Nah, peringatankah, atau pembodohankah? Ditayangkan bahwa pada film tersebut hanyalah bangsa Amerika yang berhasil menyelamatkan diri dan memulai dunia baru, lalu dimana Asia, Afrika, Australia, dan Eropa? Apakah yang berhak selamat hanya kaum Hollywood? Lagipula dalam pandangan agama, akhir dari dunia adalah kiamat dan tidak ada satupun mahluk yang selamat. Jadi, pembodohankah jika hanya mereka yang selamat hanya karena mereka yang membuat film itu? Jika demikian mari kita buat saja film KIAMAT MAKIN DEKAT, dengan demikian hanyalah bangsa Indonesia yang akan selamat, nah bagaimana?

  21. Dyah Rahmawati Says:

    2012 SIAPA PEMBELAMU?

    Kiamat 2012 sebenarnya telah menjadi perdebatan publik sejak beberapa tahun lalu. Hal itu seiring dengan ditemukannya kalender suku Maya kuno di reruntuhan Meksiko oleh beberapa peneliti asing yang ingin mempelajari suku Maya. Berdasarkan kalender tersebut mereka menafsirkan bahwa kalender dunia akan berhenti pada 21 Desember 2012. Dengan kombinasi marketing yang efisien mereka menafsirkan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Penafsiran ini kemudian menyebar ke seluruh dunia, dan efeknya selain aliran uang adalah ketakutan di kalangan masyarakat awam.
    Fenomena ini ternyata juga ditangkap baik oleh industri perfilman Hollywood. Hanya dengan bermodalkan isu yang begitu santer di tengah masyarakat saat ini, sutradara Roland Emmerich telah berani menggagas sebuah film yang berjudul 2012. Pada November 2009 ini film yang berjudul 2012 tersebut telah menyerbu bioskop-bioskop di Indonesia dan hampir dipastikan akan segera menjadi box office dunia.
    Film yang bercerita tentang kehancuran dunia di tahun 2012 ini telah mengundang kontroversi dari sejumlah kalangan masyarakat di dunia. Para ulama membantah bahwa kehidupan dunia akan berakhir di tahun 2012. Menurut mereka, kiamat adalah sesuatu hal ghaib yang menjadi rahasia sejati sang Khalik. Pembantahan juga dilontarkan oleh komunitas arkeolog dunia. Menurut mereka, suku Maya sesungguhnya tidak pernah mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Hal yang sama juga dikeluarkan oleh Apolinario Chile Pixtun, seorang sesepuh suku Maya di Guatemala. Menurutnya, ide kiamat 2012 datang dari orang-orang barat bukan dari suku Maya.
    Para ilmuwan NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) juga membantah keras ramalan akan terjadinya kiamat di tahun 2012. Isu planet Nibiru yang dikabarkan akan menabrak bumi pada tahun 2012 adalah sebuah mitos tanpa dasar fakta yang kuat. Menurut peneliti senior Institut Astrobiologi NASA David Marrison, klaim yang gigih tentang sebuah planet yang dekat dengan bumi, tetapi tak terlihat hanyalah sekadar kekonyolan belaka. Lebih lanjut Marrison mengatakan bahwa seluruh skenario bencana pada film 2012 adalah tipuan. Jadi sekarang, siapa pembela gagasan kiamat 2012 itu?

  22. Dian Etiksari Says:

    Stimulus Film 2012 untuk Tikus-tikus Berdasi
    Film 2012 menghebohkan masyarakat Indonesia. Antusias masyarakat pada film tersebut membuat masyrakat rela antri panjang hanya untuk mendapatkan tiket nonton film 2012. Berbagai pendapat muncul dari masyarakat yang sudah nonton film tersebut. Ada yang mengatakan film tersebut tidak bermutu, melupakan kaidah-kaidah agama, dan ada yang berpendapat film tersebut cocok ditujukan kepada tikus-tikus berdasi di Indonesia atau bisa disebut koruptor-koruptor Indonesia.
    Berarti film 2012 bisa dijadikan stimulus tikus-tikus berdasi di Indonesia untuk segera bertobat. Kedasyatan kiamat sudah digambarkan seperti film 2012. Berarti jangan keasyikan makan duwit rakyat untuk kepentingan pribadi, tertidur pulas saat mempertanggungjawabkan nasib rakyat di gedung DPR. Malu dong dengan dasinya!.
    Uang korupsi sebenarnya tidak bergizi. Selain itu, percuma mereka korupsi. Hasil korupsi cuma akan menimbun mereka di hari kiamat. Tidak dibawa mati. Percuma kan korupsi?. Mending uangnya untuk rakyat. Dasar pejabat-pejabat Indonesia, sering terkena virus “BATUK”, Bagian Tukang Korupsi maksudnya. Wkwkwkwkwkwkwkwkw…………….

  23. Millatuz Zakiyah, Says:

    2012 vs KPK dan POLRI

    Konflik KPK vs POLRI sering diibaratkan konflik cicak vs buaya. Kasus yang telah menjadi polemik sejak Agustus hingga waktu yang belum jelas ini belum juga menampakkan tanda-tanda bakal selesai. Sementara itu, di ranah perfilman, telah muncul film yang juga membawa polemik tersendiri, 2012. Jika dibandingkan, film ini ternyata memiliki keterkaitan dengan konflik cicak vs buaya. Keduanya sama-sama melahirkan banyak pemburu, pemburu berita dan pemburu tiket bioskop, sama-sama menimbulkan polemik dan sorotan dari berbagai pihak. Kesamaan lain, keduanya cenderung direkayasa. Yang satu merekayasa hukum alam, yang lainnya merekayasa hukum dalam arti sebenarnya.
    Setelah jenuh dari kasus pelaku korupsi, masyarakat Indonesia beralih pada kasus KPK vs POLRI. Dan sekarang, mungkin karena masyarakat mulai jenuh dengan konflik KPK vs POLRI, akhirnya mereka memilih berburu hal lain, 2012.
    Lalu apakah kita harus jenuh menunggu tahun 2012 untuk menyelesaikan kasus ini?

    Millatuz Zakiyah, Mahasiswa Sastra Indonesia UM

  24. Tia Dwi Putri Hari Nanda Says:

    Cinta Film Produk Indonesia?

    Film 2012 sudah beredar di masyarakat. Film yang kontroversial ini cukup menyita perhatian publik. Bahkan, ada pihak yang melarang pemutaran film ini.
    ‘Mengapa’ adalah pertanyaan mendasar yang patut diajukan. Mengapa film yang dapat memberi hikmah justru ditentang, sementara film asli dalam negeri yang justru dapat dikatakan ‘hot’ malah disemarakkan? Apakah memang inilah mental bangsa Indonesia? Meskipun semboyan ‘Cintai produk dalam Negeri’ harus digalakkan, bukan berarti film dalam negeri yang ‘hot’ patut dicintai. Jika memang begitu, mungkin ada baiknya jika diganti menjadi ‘Cintai produk film hot dalam negeri’

  25. fadhilah hardini w.a Says:

    Pembodohan yang Dikemas dengan Apik

    2012, sebuah sajian visual yang mampu menghipnotis milyaran penduduk bumi dengan mengangkat sebuah ramalan salah satu suku didunia, mendapatkan pro-kontra dari berbagai kalangan.
    Jika dilihat dari segi fiksi atau ide kreatif seorang pengarang yang dituang dalam sebuah film, jelas tidak ada seorang pun yang meragukan atau mempermasalahkan film tersebut. Namun, karena dilatar belakangi oleh suatu ramalan yang dibuat seolah-olah akan terjadi, maka muncullah beberapa aksi penolakan.
    Bukan hanya dari kalangan MUI, tetapi masyarakat umum pun ada yang merasa bahwa film ini merupakan pembodohan kepada kaum awam yang menelan segala sesuatu dengan mentah-mentah. Sempat terdengar obrolan di pasar “ndango rabi mariki kiamat”(cepetan menikah sebentar lagi kiamat). Jelas bahwa mereka mempercayai bahwa kejadian dalam film itu pasti terjadi.
    Jika sebagian besar masyarakat berfikir seperti itu, maka mulai 2011 kelak, sekolah sepi, pasar sepi, kantor-kantor pun sepi. Lalu, kemanakah mereka???

  26. Hardika Fahruzzaman Says:

    Bumi kita sudah tua umurnya, mungkin sudah lebih dari jutaan tahun yang lalu bumi kita lahir. Suku maya, salah satu suku terkenal yang ada di benua Amerika meramalkan bahwa umur bumi kurang dari tiga tahun lagi. Mungkin ramalan inilah yang menginspirasi industri perfilman Hollywood untuk menciptakan film tentang bencana terbesar dalam sejarah. Banyak pro dan kontra yang muncul berkaitan dengan film yang masuk bioskop Indonesia per tanggal 13 November lalu. Bahkan MUI ikut berpartisipasi menanggapi film dengan judul 2012 itu. Sudah banyak film serupa yang beredar di masyarakat, tapi mengapa hanya 2012 yang menimbulkan kontroversi?
    Sebenarnya banyak hikmah yang didapat jika kiamat benar-benar terjadi pada 2012. MUI tidak perlu repot-repot mengeluarkan fatwa dan Buaya—Cicak tidak perlu repot-repot saling mencari kesalahan . Paling tidak masalah di muka bumi ini tuntas lah.

  27. Fitrotul Lutfi, Says:

    BENARKAH FILM 2012 ADALAH FILM KIAMAT?

    Rasa penasaran akan dirasakan orang ketika membaca judul dan poster film 2012 yang mengindikasikan adanya peristiwa kiamat. Rasa penasaran itu dikarenakan cuplikan film 2012 yang sangat menegangkan dan penuh dengan gambaran kehancuran dunia yang dahsyat. Kedahsyatan tersebut ditonjolkan dengan adanya visual grafis yang amat meyakinkan dan seolah-olah kehancuran dunia itu benar-benar terjadi.
    Namun, apakah benar film 2012 tersebut merupakan film yang benar-benar menggambarkan terjadinya hari kiamat? Jawabnya adalah bukan. Di dalam film itu, sejumlah orang mampu melewati serangkaian bencana dan kehancuran dunia yang pada akhirnya mereka dapat selamat. Padahal, apa yang disebut hari akhir atau kiamat adalah hari ketika semua makhluk ciptaan Tuhan di alam semesta ini dimusnahkan tanpa sisa.

  28. durratun nafisah Says:

    Akhir-akhir ini, masyarakat digemparkan dengan pemberitaan bahwa di tahun 2012 akan terjadi kiamat. Ditambah lagi munculnya film 2012 yang baru-baru ini diputar di bioskop-bioskop. Dengan hadirnya film ini, isu akan terjadinya kiamat ditahun 2012 semakin kuat. Apakah kita harus percaya pada isu ini?
    Munculnya film 2012 ini memang banyak menuai kontroversi. Bahkan dari MUI Malang pun melarang beredarnya film 2012 karena dianggap meresahkan masyarakat. Namun, bantahan yang diberikan oleh suku maya dan para astronomi menjadi bukti bahwa isu akan terjadinya hari kiamat di tahun 2012 itu tidak benar. Kemungkinan yang akan terjadi adalah bencana besar yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat aktivitas matahari yang mencapai puncaknya yang bisa berpengaruh pada kehidupan di bumi. Menyikapi hal ini, sebaiknya kita tidak mudah percaya pada isu tersebut. Akan tetapi kita jadikan ini semua sebagai motivasi untuk memperbaiki diri. Kapan datangnya hari kiamat, tidak ada seorang pun yang tahu. Kiamat adalah rahasia Tuhan, pencipta bumi, seluruh alam semesta beserta isinya. Hanya Tuhanlah yang tahu.

  29. Nahnu Robid Jiwandono/off a Says:

    Anak semut vs Godzila

    Mungkin tahun 2012 merupakan tahun yang paling menakutkan bagi sebagian orang di dunia ini. Hal ini dikarenakan isu yang santer berkembang di masyarakat, yaitu ramalan akan terjadinya hari kiamat tepat akan terjadi pada tanggal 12 desember tahun 2012. Tidak tanggung-tanggung, isu ini merebak hampir di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia dan meresahkan sebagian masyarakat yang notabene masih banyak yang awam terhadap masalah ini.
    Bahkan sebuah film bertajuk 2012 yang belakangan ini hadir di bioskop disambut dengan antusias oleh masyarakat yang penasaran dengan gambaran terjadinya hari kiamat. Bukankah kiamat adalah akhir seluruh jagad raya dan segala kehidupan yang ada di dalamnya? Sedangkan di film tersebut hanyalah cerita sebuah bencana saja, terbukti dengan masih selamatnya beberapa orang di dunia. Hari kiamat dan manusia ibarat Anak semut vs Godzila, tidak ada harapan untuk selamat bila dia sudah benar-benar datang dalm suatu pertarungan.
    Kapan datangnya pertarungan Anak semut vs Godzila? Hanya Tuhan yang tahu.

  30. RATNA DWI SUSANTI Says:

    2012=Hari Kiamat???
    Mendongkrak Nilai Jual Semata

    Penasaran. Itulah yang ada di benak saya ketika hendak menonton film 2012. Namun, setelah menonton film tersebut yang tersisa hanyalah kekecewaan semata. Film yang disebut-sebut sebagai film tentang hari kiamat ini tak lebih dari sekedar film tentang bencana alam. Meskipun banyak pendapat yang menyatakan bahwa 2012 merupakan film tentang hari kiamat, tapi kenyataannya di dalam film tersebut tidak ada adegan yang menunjukkan terjadinya hari kiamat. Jika pergantian tahun 2012 menjadi tahun 0001 diartikan sebagai kiamat, maka pendapat tersebut—menurut saya—salah.
    Issue yang menyatakan bahwa film 2012 adalah film tentang hari kiamat hanyalah taktik politik untuk mendongkrak nilai jual film tersebut. Tak masalah pendapat orang setelah menonton film ini, yang terpenting bagi mereka adalah film ini ditonton oleh banyak orang sehingga mempertebal kantong mereka. Bagaimanapun juga, issue semacam ini dapat diartikan sebagai pembohongan publik dan penipuan terhadap konsumen. Mengapa demikian? Sebab konsumen harus mengeluarkan uang untuk sesuatu yang ternyata hanyalah rekayasa oknum tertentu untuk keuntungan mereka sendiri. Pada akhirnya semua kembali kepada individu masing-masing, mempercayai kiamat akan terjadi pada tahun 2012 atau tidak. Jawabannya ada di tangan Anda.
    RATNA DWI SUSANTI (108211416179/OFF B)
    Pend.bahasa, sastra indonesia, dan daerah
    Universitas Negeri Malang

  31. luthfi rahmi I Says:

    kiamat 2012?

    penasaran adalah yang awal muncul di benak saya ketika semua orang ramai membicarakannya. tapi yang saya fikirkan kenapa si pembuat film itu berani-beraninya membuat film yang dimana isinya adalah suatu hari, yang semua orang tidak akan pernah bisa membayangkan dahsyatnya bahkan nabi yang mulia Muhammad SAW sekalipun.

    okelah mungkin kalau film ini dijadikan referensi kita untuk berusaha agar bisa lebih dekat denganNYA dan menambah keimanan kita, bisa diterima, tapi kalau dijadikan referensi bahwa pada hari kiamat kelak tetap ada kehidupan yang dihuni oleh beberapa manusia yang bisa lolos dari maut yang mengejar pada hari itu sangat tidak masuk akal, dan jika film itu diterima mentah-mentah maka rusaklah akidahnya

    dalam Al-Qur’an telah di terangkan bahwasannya pada hari itu semua manusia hanya memikirkan dirinya sendiri bahkan seorang ibu pun yang mempunyai kasih sayang yang sangat terhadap buah hatinya sampai-sampai tidak memperdulikan anaknya sedangkan dalam film ini seorang majikan masih sempat berfikiran untuk menyelamatkan seekor anjing miliknya.

    yang juga perlu kita soroti adalah maraknya orang membicarakan dan menonton film ini dikarenakan munculnya fatwa pengharaman dari MUI, padahal dari segi kualitas film ini jauh dibawah film-film hollywood lainnya, selain itu film adalah salah satu dari film hollywood yang menggambarkan peramalan hari akhir, jadi bisa dikatakan larangan MUI justru memicu pelanggaran bukan pentaatan, tentunya ini menjadi PR kita bisa bersama: kenapa fatwa MUI hanya di anggap angin lalu orang masyarakat yang notabene mayoritas islam?. Apakah karena sikap MUI yang cenderung plin-plan, gegabah, dan pilih kasih dalam memberikan fatwa, atau karena pribadi masyarakat muslim yang sudah sangat sekuler dan permisif?.

  32. alfiyah nur muthiah Says:

    Film 2012, ada yang mengatakan itu film tentang kiamat. ada yang mengatakan itu adalah prediksi peristiwa di tahun 2012. Namun dalam situs http://www.kapanlagi.com disebutkan bahwa film itu hanya film biasa yang menggambarkan tentang bencana alam dan berbentuk fiksi ilmiah. Mengapa harus risau menghadapi sebuah prediksi fiktif?
    Tahun 2012, akan kita lalui 3 tahun lagi. sebenarnya tahun ini biasa saja bagi si penerima takdir. tahun ini tahun yang istimewa bagi yang memiliki rencana istimewa. dan tahun ini tahun yang mengerikan bagi si pesimis. Kalau ada yang mengatakan bahwa tahun 2012 ini akan terjadi kiamat, pasti kiamatnya tidak akan terjadi. mengapa? karena ada riwayat yang menyebutkan bahwa hari Qiamat tidak ada yang mengetahui. lha kalau sudah ada yang tahu, berarti bukan Qiamat jadinya.
    Tapi tidak ada salahnya kita lebih baik dalam menyikapi dan bersikap, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita di masa yang akan datang.

  33. Zumrotul Mukaromah Says:

    Masalah kiamat,,,sebagai orang islam saya meyakini akan kedatangannya, karena Alqur’an sendiri sudah menyebutkan dalil-dalilnya, seperti:
    a. Firman Allah, “Dan sesungguhnya Hari Kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (Al-Hajj: 7).
    b. Firman Allah, “Sesungguhnya Hari Kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.” (Ghafir: 59).
    c. Firman Allah, “Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.” (Al-Qamar: 1).

    Namun untuk masalah kiamat 2012 saya kurang meyakini, alasannya Allah saja tidak pernah memberitahukan masalah kiamat kepada Rosul-rosul pilihannya, bahkan kepada Malaikat-malaikat yang selalu patuh kepada perintah-Nya, sesuai firman-Nya
    Firman Allah, “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Al-A’raf: 187).

    Firman Allah, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisiNya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat.” (Luqman: 34).

    Firman Allah, “Manusia bertanya kepadamu tentang Hari Berbangkit. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi Hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (Al-Ahzab: 63).

    Apalagi orang-orang Amerika yang telah membuat film ini adalah orang kafir dan yang lebih mustasilnya lagi di dalam film itu tidak mampu menunjukkan 10 tanda-tanda kiamat Sughro, yaitu:
    Sabda Rasulullah S.A.W. “Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda :

    1. Asap
    2. Dajjal
    3. Binatang melata di bumi
    4. Terbitnya matahari sebelah barat
    5. Turunnya Nabi Isa A.S
    6. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj
    7. Gerhana di timur
    8. Gerhana di barat
    9. Gerhana di jazirah Arab
    10. Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka.

    Namun dari film itu yang dapat kita ambil hikmahnya adalah: dengan adanya isu seperti itu, kita yang semula malas beribadah, kita dapat tingkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, dengan rasa ikhlas dan mengharap ridh-Nya.

  34. Syamfa Agny Anggara Says:

    Saya rasa film ini hanyalah strategi ekonomi untuk mendobrak perfilman dunia… film ini merupakan omong kosong yang patut sekali untuk ditertawakan dalam benak saya… film ini juga berbahaya bagi orang awam yang percaya begitu saja karena film ini merusak keimanan bagi yang mempercayainya… karena hari kiamat tidak di ketahui kapan kedatangannya… Sebagai masyarakat modern harusnya kita lebih hati-hati dalam menghadapi penjajahan budaya dan akidah… Oleh karena itu kita harus memagari diri kita dengan keimanan dan akidah yang kuat

  35. Nurul Faridah Says:

    tontonan kiamat 2012??
    penasaran… itu yang pertamakali muncul dibenak saya. akan tetapi setelah saya menonton langsung film itu hanya satu yang terlintas dihati saya, yaitu konyol.
    saya rasa film ini bukanlah film yang menekutkan dan menegangkan akan tetapi 2012 adalah film guyonan.. karena tak masuk akal beribu-ribu manusia bisa selamat dari dahsyatnya kekuatan Sang Penguasa bumi dan langit. film ini hanyalah hiburan bagi saya… karena datangnya hari kiamat hanya Allah SWT yang mengetahuinya… sebagaimana firman Allah Firman Allah, “Manusia bertanya kepadamu tentang Hari Berbangkit. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi Hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (Al-Ahzab: 63). tapi ada hikmahnya juga setelah nonton 2012 loh… kita jadi bisa lebih meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Yang Maha Kuasa.

  36. Novia Indah K Masykur Says:

    Sah-sah saja, ketika kita menggambarkan sebuah peristiwa dasyat yang akan dialami oleh semua makhuk (hari kiamat). Tapi perlu diingat, tak ada satu pun makhluk yang bisa mengetahui kapan terjadinya peristiwa dasyat itu.

  37. ikke nilova el hasany Says:

    Menurut saya, film 2012 sama seperti film- film disaster ala barat pada umumnya. Jika kita cermati, konsep film ini hampir sama dengan film garapan Amerika pendahulunya berjudul “the day after tommorrow”. Bedanya, kali ini sang sutradara mengambil setting tempat diseluruh belahan bumi. Awalnya, pembuatan film 2012 direncanakan untuk mengambil latar tempat di Mekah. Namun dengan berbagai pertimbangan, setting tempat diubah yang akhirnya mengambil lokasi di beberapa tempat di belahan bumi. Dalam film ini, diceritakan gambaran umum mengenai kehancuran total seluruh isi bumi atau dalam “versi agama” lebih kita kenal dengan istilah kiamat.
    Tak pelak munculnya film 2012 membuat para ulama di Indonesia “kebakaran jenggot”. Bahkan, MUI kota Malang adalah MUI pertama yang melarang umat Islam menonton tayangan kontroversial tersebut. Antisipasi ini tentu berdampak positif sebagai ‘promosi gratis’ film 2012. Buktinya, setelah pelarangan tersebut dikeluarkan angka penjualan tiket di bioskop- bioskop kota Malang habis diserbu masyarakat. Belum lagi banyak rental yang diuntungkan jika menyediakan ‘jasa’ mendownload gratis film 2012. Selain itu, munculnya pelarangan ini juga berdampak pada arus gelombang pro kontra yang semakin marak bermunculan. Memang, pelarangan- yang berakibat bagi penarikan film 2012- ini, dilakukan oleh MUI Indonesia sebagai langkah antipatif agar umat Islam tidak terprovokasi ‘masyarakat Barat’ yang percaya bahwa 2012 adalah tahun kehancuran bumi. Namun diluar perkiraan, pelarangan yang dikeluarkan MUI justru membuat masyarakat penasaran menonton untuk mengetahui isi cerita.
    Jika kita lihat, film 2012 menceritakan bagaimana ‘perjuangan’ orang- orang yang ingin menyelamatkan diri dari kehancuran bumi. Sang sutradara mengimajinasikan pembuatan kapal besar sebagai solusi untuk menyelamatkan diri. Peristiwa ini mengingatkan saya pada cerita nabi Nuh as yang berusaha menyelamatkan anaknya dari banjir. Akan tetapi, sang anak menolak karena dia percaya bahwa dengan naik ke atas bukit yang tinggi, dia dapat selamat dari adzab ALLAH SWT. Kenyataannya, anak nabi Musa merupakan salah satu orang yang binasa bersama orang- orang kafir. Berbeda dengan cerita nabi Nuh as, anehnya dalam film 2012, orang- orang yang berusaha menyelamatkan diri malah berhasil selamat dari bencana. Tentu saja akhir dari cerita tersebut merupakan rangkaian dari khayalan sutradara yang percaya bahwa manusia bisa saja selamat dari bencana apapun. Film ini bisa dijadikan sarana untuk mengingatkan masyarakat agar lebih menjaga bumi. Tidak bisa dipungkiri bahwa munculnya pemanasan global akhir- akhir ini telah membawa dampak negatif bagi keadaan bumi.
    Pada dasarnya, film 2012 bisa dijadikan sarana edukatif di kalangan pelajar sebagai bahan diskusi menarik untuk mengkaji keadaan bumi dan keterkaitannya dengan kehidupan sosial masyarakat. Kita juga bisa mengambil nilai- nilai positif yang ada dalam isi
    cerita misalnya dengan membandingkan isi cerita dengan kisah orang- orang terdahulu. Kebijakan yang melarangan penayangan film 2012 seharusnya tidak dikeluarkan. Sangat disayangkan pemerintah Indonesia telah mengambil keputusan untuk mencabut hak ijin penayangan 2012. Semoga suatu saat nanti masyarakat kita bisa mengambil solusi yang lebih ‘bijak’ dalam mengambil keputusan.

  38. ikke nilova el hasany Says:

    Menurut saya, film 2012 sama seperti film- film disaster ala barat pada umumnya. Jika kita cermati, konsep film ini hampir sama dengan film garapan Amerika pendahulunya berjudul “the day after tommorrow”. Bedanya, kali ini sang sutradara mengambil setting tempat diseluruh belahan bumi. Awalnya, pembuatan film 2012 direncanakan untuk mengambil latar tempat di Mekah. Namun dengan berbagai pertimbangan, setting tempat diubah yang akhirnya mengambil lokasi di beberapa tempat di belahan bumi. Dalam film ini, diceritakan gambaran umum mengenai kehancuran total seluruh isi bumi atau dalam “versi agama” lebih kita kenal dengan istilah kiamat.
    Tak pelak munculnya film 2012 membuat para ulama di Indonesia “kebakaran jenggot”. Bahkan, MUI kota Malang adalah MUI pertama yang melarang umat Islam menonton tayangan kontroversial tersebut. Antisipasi ini tentu berdampak positif sebagai ‘promosi gratis’ film 2012. Buktinya, setelah pelarangan tersebut dikeluarkan angka penjualan tiket di bioskop- bioskop kota Malang habis diserbu masyarakat. Belum lagi banyak rental yang diuntungkan jika menyediakan ‘jasa’ mendownload gratis film 2012. Selain itu, munculnya pelarangan ini juga berdampak pada arus gelombang pro kontra yang semakin marak bermunculan. Memang, pelarangan- yang berakibat bagi penarikan film 2012- ini, dilakukan oleh MUI Indonesia sebagai langkah antipatif agar umat Islam tidak terprovokasi ‘masyarakat Barat’ yang percaya bahwa 2012 adalah tahun kehancuran bumi. Namun diluar perkiraan, pelarangan yang dikeluarkan MUI justru membuat masyarakat penasaran menonton untuk mengetahui isi cerita.

    Jika kita lihat, film 2012 menceritakan bagaimana ‘perjuangan’ orang- orang yang ingin menyelamatkan diri dari kehancuran bumi. Sang sutradara mengimajinasikan pembuatan kapal besar sebagai solusi untuk menyelamatkan diri. Peristiwa ini mengingatkan saya pada cerita nabi Nuh as yang berusaha menyelamatkan anaknya dari banjir. Akan tetapi, sang anak menolak karena dia percaya bahwa dengan naik ke atas bukit yang tinggi, dia dapat selamat dari adzab ALLAH SWT. Kenyataannya, anak nabi Musa merupakan salah satu orang yang binasa bersama orang- orang kafir. Berbeda dengan cerita nabi Nuh as, anehnya dalam film 2012, orang- orang yang berusaha menyelamatkan diri malah berhasil selamat dari bencana. Tentu saja akhir dari cerita tersebut merupakan rangkaian dari khayalan sutradara yang percaya bahwa manusia bisa saja selamat dari bencana apapun. Film ini bisa dijadikan sarana untuk mengingatkan masyarakat agar lebih menjaga bumi. Tidak bisa dipungkiri bahwa munculnya pemanasan global akhir- akhir ini telah membawa dampak negatif bagi keadaan bumi.

    Pada dasarnya, film 2012 bisa dijadikan sarana edukatif di kalangan pelajar sebagai bahan diskusi menarik untuk mengkaji keadaan bumi dan keterkaitannya dengan kehidupan sosial masyarakat. Kita juga bisa mengambil nilai- nilai positif yang ada dalam cerita misalnya dengan membandingkan isi cerita dengan kisah orang- orang terdahulu. Kebijakan yang melarangan penayangan film 2012 seharusnya tidak dikeluarkan. Sangat disayangkan pemerintah Indonesia telah mengambil keputusan untuk mencabut hak ijin penayangan 2012. Semoga suatu saat nanti masyarakat kita bisa mengambil solusi yang lebih ‘bijak’ dalam mengambil keputusan.

  39. Film 2012 adalah salah satu hasil karya pemikir-pemikir barat dalam memprediksi kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa mendatang. Mereka memprediksi kejadian tersebut tentunya berdasarkan penelitian yang mereka lakukan. Banyak orang yang menyebut film ini dengan kiamat 2012. Tentu kalau dikaitkan dengan kiamat hal ini tidak bisa disebut begitu saja dengan kiamat. Karena kiamat itu sendiri ada 2 macam, kiamat sughra dan kubra. Kalau kiamat sughra tidak perlu menunggu 2012-pun pasti selalu terjadi. Seperti kematian seseorang, setiap detik, setiap waktu di belahan dunia ini pasti ada orang yang meninggal. Sedangkan kiamat kubra tidak ada yang tahu kapan terjadinya, kecuali dzat yang maha hidup, yaitu allah swt.
    Apabila tahun 2012 dipercaya akan datangnya kiamat maka itu termasuk mempercayai perbuatan yang tidak dapat dibenarkan. Karena mempercayai sesuatu yang belum pasti sama saja dengan mempercayai suatu ramalan. Padahal hukum seseorang yang mempercayai suatu ramalan adalah tidak diterima shalatnya selama 40 hari.
    Apabila film itu dijadikan sebagai peringatan bahwa kiamat kubra semakin dekat terjadi, maka hasilnya akan baik. Semua manusia di bumi akan bertaubat dan tidak ada lagi kemaksiatan di bumi. Tetapi bila hanya digunakan sebagai hiburan semata, maka tidak akan meninggalkan bekas apa-apa.

  40. Film 2012 menurut saya hampir sama dengan film-film lain yang dibuat oleh orang barat. Saya tambah heran kenapa hal semacam itu harus diperdebatkan??????dan mengapa film ini menjadi kontroversi pihak-pihak tertentu?????????tanpa ada film 2012 kiamat akan tetap terjadi jika Tuhan memang sudah menghendaki. sebetulnya yang menjadi pertanyaan menurut saya bukanlah kapan kiamat itu datang???akan tetapi apa kita sudah punya cukup bekal untuk menghadapi hari kiamat itu????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: