Skenario Pembelajaran Tata Cahaya

SKENARIO PEMBELAJARAN

TATA CAHAYA

DALAM PEMENTASAN DRAMA

(DURASI: 210 MENIT)

 

No

Kegiatan

Waktu

Metode

1

Pendahuluan

1]      Guru membuka kegiatan belajar-mengajar (KBM) dengan salam dan mempresensi siswa

2]      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari, yaitu tata cahaya

3]      Siswa diajak guru berdiskusi seputar tata cahaya dalam drama, meliputi definisi, fungsi, plot, sketsa gerak, lampu, dan lain-lain sesuai dengan yang diketahui siswa

4]      Siswa diajak menemukan kebermanfaatan dalam mempelajari tata cahaya

45”

 

 

 

 

 

Questioning

Inquiry

2

Inti

a.       Siswa dibagi menjadi tujuh kelompok belajar (pokjar), yaitu pokjar analisis naskah drama, sketsa gerak,  plot cahaya, warna lampu, intensitas lampu, distribusi lampu, dan gerakan lampu

b.      Setiap pokjar diminta berdiskusi tentang aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam naskah drama, sketsa gerak hingga gerakan lampu (sesuai dengan nama pokjar masing-masing) selama 15 menit

c.       Buatlah kelompok baru dengan model jigsaw, misal anggota pokjar dari naskah drama membentuk kelompok lagi dengan salah satu anggota pokjar dari sketsa gerak, salah satu anggota pokjar plot cahaya, salah satu anggota pokjar warna lampu, salah satu anggota pokjar intensitas lampu, salah satu anggota pokjar distribusi lampu, dan salah satu anggota pokjar gerakan lampu. Demikian seterusnya, hingga terbentuk beberapa kelompok.

d.      Kemudian dalam kelompok baru tersebut, masing-masing anggota mempresentasikan hasil diskusi kelompok sebelumnya. Diikuti oleh anggota yang lainnya. Masing-masing anggota mempresentasikan di depan kelompok barunya selama lima menit.

e.       Setelah diskusi jigsaw selesai, masing-masing kelompok diberi naskah drama yang sama

f.       Tiap kelompok mendiskusikannya sesuai dengan pengetahuan yang didapat dari kelompok sebelumnya

g.      Masing-masing anggota kelompok merancang naskah drama tersebut menjadi sebuah pementasan yang berfokus pada pencahayaan. Evaluasi yang akan diberikan terkait dengan tata cahaya.

h.      Masing-masing kelompok diminta

æ  menganalisis naskah drama

æ  merancang sketsa gerak

æ  merancang plot cahaya

æ  merancang warna lampu

æ  merancang intensitas lampu

æ  merancang distribusi lampu, dan

æ  merancang gerakan lampu (sesuai dengan nama pokjar sebelumnya)

i.        Hasil pekerjaan kelompok dipresentasikan masing-masing kelompok di depan kelas.

j.        Tiap kelompok memberikan penilaian terhadap hasil kerja kelompok lain

k.      Hasil penilaian kelompok ditulis di papan tulis.

l.        Guru (fasilitator) mengukuhkan hasil pekerjaan semua kelompok dengan mengoreksi secara bersama-sama dengan siswa. Pengukuhan diberikan terkait dengan tata cahaya dalam pementasan drama yang baik.

150”

 

Learning Community

Inquiry

Konstruktivisme

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peer Assesment

 

Authentic Ass.

Questioning

 

3

Penutup

1]      Guru merefleksi tentang apa yang telah dilakukan, dipahami, dan diinginkan siswa terkait dengan pembelajaran yang dilaksanakan.

2]      Guru memberikan materi pengayaan dengan meminta tiap kelompok untuk menampilkan rancangan pementasan menjadi pementasan utuh.

15”

 

Reflexy

 

Penilaian

Penilaian Proses: Guru mengamati siswa ketika proses pembelajaran berlangsung

Nama Siswa

Kesediaan mengerjakan tugas

Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan

Kemauan bekerja sama

Thayomi Dian Roosti

 

 

 

Pramudya Agus Arga N.

 

 

 

Ayu Amanda

 

 

 

 

Tes Kinerja: Guru menilai keaktifan siswa dalam proses pembelajaran

No

Kinerja Penilaian Skor

Skor

Bobot

Nilai

(skorxbobot)

1

Kesediaan mengerjakan tugas (Apakah dalam pembelajaran siswa aktif mengerjakan tugas?)

a]        aktif

b]       cukup aktif

c]        kurang aktif

 

 

10

7

4

 

 

4

 

 

40

28

16

2

Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif mengajukan pertanyaan/tanggapan?)

a]        aktif

b]       cukup aktif

c]        kurang aktif

 

 

 

10

7

4

 

 

 

3

 

 

 

30

28

12

3

Kemauan bekerja sama (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif bekerja sama?)

a]        aktif

b]       cukup aktif

c]        kurang aktif

 

 

10

7

4

 

 

3

 

 

30

21

12

 

Tabel Penilaian

Aspek yang dinilai

Nilai

Baik

Cukup

Kurang

Kesediaan mengerjakan tugas

40

28

16

Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan?

30

28

12

Kemauan bekerja sama

30

21

12

Total

100

70

40

 

Tes tertulis: Kemampuan siswa dalam merancang tata lampu (dilakukan guru dan siswa)

No

Kriteria

Skor

Bobot

Nilai

(skorxbobot)

1

Analisis naskah drama (Apakah analisis naskah drama yang dilakukan sudah lengkap meliputi tokoh-tokoh, watak, properti, setting panggung, dll?)

a]        lengkap

b]       cukup

c]        kurang

 

10

7

4

2

20/14/8

2

 Rancangan lampu (Apakah rancangan sketsa gerak, plot cahaya, warna lampu, intensitas lampu, distribusi lampu, dan gerakan lampu sudah tepat?)

a]       tepat

b]       cukup

c]       kurang

 

10

7

4

4

40/28/16

3

Performansi lampu (Apakah tata letak, pemilihan warna, komposisi, distribusi, intensitas, gerakan, pemilihan tipe lampu, permainan lampu, dan pengoperasian dimmer sudah baik?

a.       baik

b.      cukup

c.       kurang

 

 

10

7

4

4

40/28/16

 

Tabel Penilaian

Aspek yang dinilai

Nilai

Baik

Cukup

Kurang

Analisis naskah drama

20

14

8

Rancangan lampu

40

28

16

Performansi lampu

40

28

16

Total

100

70

40

 

Satu Tanggapan to “Skenario Pembelajaran Tata Cahaya”

  1. wah wah makasih mas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: