DESAIN PEMBELAJARAN MEMBACAKAN PUISI

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Jenjang                        : SMA/MA

Kelas                             : X

Unit                                : 2

Waktu                           : 4 x 90 menit

 

A]       Aspek

Apresiasi Sastra

 

B]       Subaspek

Membaca

 

C]       Standar Kompetensi

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra melalui membacakan puisi, membaca serta mendiskusikan isi naskah sastra melayu klasik, dan menganalisis cerpen.

 

D]       Kompetensi Dasar

Membacakan puisi.

 

E]       Indikator

æ  Membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.

 

F]       Materi Pokok

Puisi

 

G]      Skenario Pembelajaran

No

Kegiatan

Waktu

Metode

1

Pendahuluan

1]       Guru membuka kegiatan belajar-mengajar (KBM) dengan salam dan mempresensi siswa

2]       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari

3]       Siswa diajak mencatat hal-hal yang penting dalam membaca puisi dari media pembelajaran

4]       Siswa diajak berdiskusi tentang puisi dan bagaimana membacakan puisi yang baik

5]       Siswa diminta mencari puisi yang disukai dan harus berbeda dengan siswa yang lain dengan tema bebas

6]       Siswa diajak guru mengungkapkan kebermanfaatan dalam membaca puisi yang baik

90”

 

 

 

 

 

Modelling

 

Questioning

Inquiry

2

Inti

1]       Siswa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok lafal, tekanan, dan intonasi

2]       Semua kelompok diminta melakukan berlatih bersama dengan tahapan:

a.       membaca berulang-ulang

b.       memberi jeda

c.        memahami makna

d.       menghayati isi

e.       mengetahui alur puisi

f.         melatih performansi:

                           i.      olah vokal

                          ii.      olah rasa

                        iii.      olah gerak

g.       melakukan performansi

3]       Setiap anggota kelompok diminta untuk tampil

4]       Tiap anggota kelompok memberikan penilaian dan masukan terhadap tampilan dari anggota kelompoknya

5]       Setelah semua anggota tampil di depan kelompoknya masing-masing, secara bergiliran semua siswa tampil di depan kelas

6]       Guru mengukuhkan semua tampilan beserta penilaiannya. Pengukuhan diberikan terkait dengan membacakan puisi yang baik dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.

 

225”

 

Learning Community

Inquiry

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konstruktivisme

Peer Assesment

Authentic Assesment

 

 

Questioning

 

3

Penutup

1]       Guru merefleksi tentang apa yang telah dilakukan, dipahami, dan diinginkan siswa terkait dengan pembelajaran yang dilaksanakan.

 

15”

 

Reflexy

 

H]       Media dan Sumber Belajar

a]        Video Pembelajaran Membaca Puisi

b]        VCD Player

c]         Contoh Puisi

d]        Properti sesuai dengan kebutuhan

 

I]          Penilaian

Penilaian Proses: Guru mengamati siswa ketika proses pembelajaran berlangsung

Nama Siswa

Kesediaan mengerjakan tugas

Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan

Kemauan bekerja sama

Thayomi Dian Roosti

 

 

 

Pramudya Agus Arga N.

 

 

 

Ayu Amanda

 

 

 

 

Tes Kinerja: Guru menilai keaktifan siswa dalam proses pembelajaran

No

Kinerja Penilaian Skor

Skor

Bobot

Nilai

(skorxbobot)

1

Kesediaan mengerjakan tugas (Apakah dalam pembelajaran siswa aktif mengerjakan tugas?)

a]         aktif

b]         cukup aktif

c]         kurang aktif

 

 

10

7

4

 

 

4

 

 

40

28

16

2

Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif mengajukan pertanyaan/tanggapan?)

a]         aktif

b]         cukup aktif

c]         kurang aktif

 

 

 

10

7

4

 

 

 

3

 

 

 

30

28

12

3

Kemauan bekerja sama (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif bekerja sama?)

a]         aktif

b]         cukup aktif

c]         kurang aktif

 

 

10

7

4

 

 

3

 

 

30

21

12

 

Tabel Penilaian

Aspek yang dinilai

Nilai

Baik

Cukup

Kurang

Kesediaan mengerjakan tugas

40

28

16

Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan?

30

28

12

Kemauan bekerja sama

30

21

12

Total

100

70

40

 

Tes tertulis: Kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas (dilakukan guru dan siswa)

No

Kriteria

Skor

Bobot

Nilai

(skorxbobot)

1

Pemilihan dan interpretasi puisi (Apakah puisi yang dipilih dapat dipahami dan ditafsirkan dengan baik atau tidak?)

a]         baik

b]         cukup

c]         kurang

 

10

7

4

2

20/14/8

2

Teknis Pembacaan (Apakah dalam membacakan puisi sudah memiliki kualitas vokal (intonasi, tekanan, nada, dan irama), penghayatan, ekspresi, dan kesesuaian gerak yang baik atau tidak?)

a]        baik

b]        cukup

c]         kurang

 

10

7

4

6

60/42/24

3

Totalitas Performansi (Apakah dalam membacakan puisi memiliki gaya penampilan yang khas, menggunakan unsur pendukung (kostum, penampilan, musik, dll.), kemenarikan sebagai pertunjukkan, dan kualitas komunikasi yang baik atau tidak?)

a]        baik

b]        cukup

c]         kurang

 

 

10

7

4

2

20/14/8

 

Tabel Penilaian

Aspek yang dinilai

Nilai

Baik

Cukup

Kurang

Pemilihan dan interpretasi puisi

20

14

8

Teknis Pembacaan

60

42

24

Totalitas Performansi

20

14

8

Total

100

70

40

 

DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

BERBASIS CTL

MEMBACAKAN PUISI

4 Tanggapan to “DESAIN PEMBELAJARAN MEMBACAKAN PUISI”

  1. sebagai calom guru saya sangat terbantu dengan referensi di atas.. terima kasih. kunjungi juga blog saya

  2. Imyatun temongmere Says:

    saya sangat merasakan manfaat dari referensi pemebelajaran bahasa.lebih senang lagi kalau pembelajaran di sekolah dasar. saya guru SD, basis pendidikan saya sarjana bahasa Indonesia, tetapi butuh khazanah pembelajaran bahasa yang lebih luas terutama untuk sekolah dasar.

  3. Ass. Salam silaturahmi. Mampir di Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dapat Hal Baru Terima Kasih

  4. Jzakumulloh atas informasi yang disajikan ^ ^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: